Cara Keren Membuat Lower Thirds Hanya Dengan Adobe Premier

Ok, setelah mengenal dasar editing dari mulai menarik atau drag footage, memotong dengan razor, kita coba membuat grafik berupa teks atau judul yang sering kita lihat di televisi ataupun film. Biasanya dibuat dengan Adobe After Effect, tapi sebenarnya sangat bisa banget, atau cukup dibuat dengan Adobe Premier kalau Lower Thirds-nya tidak terlalu rumit, atau simpel. Tapi tetap terlihat keren, tentunya. Ok, mari kita coba mulai....

1. Pilih Title, Terus New Title, dan Default still artinya yang tidak bergerak, untuk Roll dan Crawl untuk yang bergerak. Posisi title tentunya bakal diletakan pada bagian video paling atas, artinya posisinya ada di depan video.




2. Maka bakal muncul pop up window seperti di bawah ini, Name boleh diketik ulang atau dibiarkan saja secara otomatis komputer atau software yang memberi nama.



3. Selanjutnya akan muncul pilihan grafis dari tulisan, boleh dipilih boleh tidak. Saya memilih tidak, karena ingin berkreasi sendiri.


4. Sebelum mengetik lebih baik membuat kotak sebagai dasar dari tulisan, kira-kira ada dua kotak bertumpuk. Yang paling bawah atau belakang tentunya lebih besar dari yang di atas atau depan, karena yang kecil di depan pasti akan terlihat bagus secara komposisi. Saya coba memilij Rounded Rectangle Tool, bentuk kotak dengan sudut membulat.

5.  Beri warna kesukaan kalian, yang penting main kontras supaya bisa terbaca dengan baik untuk tulisannya, begitu juga dengan bentuk grafisnya.



6. Bikin kotak yang kedua, lebih kecil dari kotak yang pertama dengan warna yang bertolak belakang atau kontras.


7. Misal warna kotak besar dibelakang warnanya kuning, dan kotak kecil di depannya berwarna hitam. Untuk warna diatur sekeren mungkin.


8.  Setelah dirasa cukup oke komposisi dua kotak bertumpuk tadi, saatnya membuat tulisan nama lengkap.


9. Pilih jenis font atau bentuk huruf yang cocok dan bagus



10. Setelah mengetik nama lengkap di baris atas. Coba bikin tulisan lainnya di bawah nama lengkap. Kerning atau jarak antar huruf bisa diatur, supaya terlihat seimbang dengan lebarnya nama lengkap.


11.  Kalau dirasa bagus, pas, enak dilihat, dan terbaca dengan jelas, tinggal diklik saja tanda silang di pojok kanan atas.



12. Maka Lower Thirds yang baru saja dibuat sudah muncul di dalam Project, tinggal menambahkan logo saja. Biar terlihat lebih sempurna dan keren. 



18.  Kita kembali impor logo dengan jenis file PNG, supaya latarnya bolong atau transparan. Dan tentunya logo untuk keperluan video cukup dengan reolusi 72 DPI saja, jangan terlalu besar. Sesuai kebutuhan pembuatan videonya saja.




19. Karena track video kita membutuhkan empat track, sementara standar track yang muncul pertama kali biasanya hanya tiga track saja. Video 01 diisi oleh hasil rekaman kamera 01, dan track video dua diisi hasil rekaman kamera 02, track bakal, diisi video tiga oleh Title 01, maka untuk penempatan logo haru membuat track baru. Tinggal klik kiri mouse dengan cursor teapt di area Timeline, maka bakal ada pilihan Add Tracks atau Delete Tracks. Pilih saja Add Tracks...



20. Maka akan muncul pilihan seperti ini, tinggal mengisi angka sesuai track yang dibutuhkan. Karena cuma butuh satu track video, ya tentu saja mengisi dengan angka satu saja. Untuk Audio Tracks dibiarkan terisi angka satu atau diganti angka nol, boleh.


21. Tarik atau drag logo ke track Video 4 di atas track Title 01, harus pas, terutama mulai munculnya. Kalau durasi atau panjangnya track logo kurang panjang.




22.  Kita tarik saja durasi atau panjang logo sejajar dengan Title 01 supaya kemunculan dan hilangnya pada video secara bersamaan.



 
23. Karena logo muncul terlalu besar, maka perlu diperkecil. Untuk melakukan pengecilan logo harus melalu  Effect Controls yang ada pada bagian Window. Untuk menggerakan Title, gambar logo, dan yang ada pada video ya dengan Efect Controls. Jadi sebenarnya Lower Thirds ini bisa dibuat bergerak atau nganimasi. Jadi gak heran kalau Lower Thirds ini kadang disebut Animasi Judul.



24. Kalau Effect Controls sudah muncul, klik diklik saja bagian logo maka muncul kotak dengan delapan titik, artinya siap dirubah skalanya. Tinggal ditarik saja salah satu sisi logo maka logopun sudah bisa kita rubah ukurannya.



25. Nah, kita tinggal atur posisi dan ukuran dari Title 01 dan Logo, sampai dirasa pas, tidak kebesaran maupun kekecilan. Mau dibuat bergerak ya tinggal diatur dan diberi keyframe saja pada Effect Controls-nya.

Begitulah, cara membuat Lower Thirds yang biasanya digunakan untuk hasil liputan. Berikutnya kita akan membahas cara membuat ukuran rasio layar. Dan kenapa kita memilih membuat video yang kita bikin menjadi ukuran seperti film layar lebar, atau ukuran HDTV, atau ukuran kotak saja. Tulisan ini insya Allah, akan dibuatkan tutorial videonya di channel Texaz Magz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...