Apa Itu Gambar Digital Puppeter?

Desain puppeter Kibezo dari Kopidan Animasi Indramayu
Puppeter atau wayang adalah istilah lain dari desain karakter atau model, hampir sama dalam merancang karakternya, tapi sedikit beda teknis dalam menggerakannya. Baik animasi 3D atau 2D mengenal istilah rigging atau memakai atau menempelkan semacam tulang untuk menggerakan animasinya. Tujuannya untuk membuat luwes gerakannya, tapi tidak semua animasi menggunakan rigging.

RPP Dasar Desain Grafis | Pentingnya Tata Letak | RPP Satu Halaman

RPP Dasar Desain Grafis secara daring dan luring
Asalamualaikum
, bapak dan ibu guru yang mengajar di kompetensi Multimedia terutama yang mengajar di mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Saya mencoba berbagi contoh RPP satu halaman untuk KD 3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur dan ruang dan KD 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang. Sekedar berbagi, boleh dikomen ataupun  bertanya, RPP ini dibuat untuk BDR atau belajar di rumah dengan sistem daring dan luring. Semoga bermanfaat... Klik saja untuk RPP daringnya melalui RPP Dasar Desain Grafis Tata Letak Secara Daring dan RPP secara luring di RPP Dasar Desain Grafis Tata Letak Secara Luring

Sepuluh TOOLS Nganimasi Paling Ampuh

 

Karakter yang dibuat untuk channel CARTOONIM
Membuat animasi semakin mudah tentunya, apalagi sudah banyak software pilihan atau juga aplikasi pembuat animasi melalui androidmu. Langkah awal membuat gambar dan menggerakan gambar atau nganimasi adalah dengan mengenal peralatan yang disediakan oleh perangkat lunaknya yang disebut tool (dibaca: tul). Tool dari adobe flash misalnya bisa ditambahkan, dan bisa juga mendownload tool tambahan (plugin)yang dibuat oleh animator youtuber yang membuat tutorial misalnya. Tapi memang tidak semua tool dipakai, atau ada sedikit tool yang jarang dipakai, mungkin sesuai kebutuhan para animatornya. Jadi tool apa saja siy yang paling ampuh buat nganimasi?

Cara Singkat Mengenal Format Gambar Untuk Anak Multimedia

Sering mendengar jenis gaya gambar seperti aliran realis atau kartun, apalagi style asal negara, dan memperdebatkannya pasti tidak pernah akan selesai. Setelah memahami perbedaan proses pembuatan gambar dari mulai thumbnail dan sketsa serta fungsi atau tujuannya, kita akan mempelajari jenis gambar secara digital, tepatnya format dari sebuah imej secara digital. Dan sebenarnya kita sudah sering melihatnya, cuma tidak mengetahuinya lebih jauh. Mari kita bahas satu demi satu...

MODUL Photoshop Desain Grafis

Modul simpel ini bisa digunakan untuk awal praktek mengenalkan desain grafis, terutama untuk kompetensi Multimedia. Mengenalkan bagaimana cara membuat judul yang menarik. dengan bentuk atau preset yang sudah ada pada photoshop, menggunakan gradasi dan layer sederhana. Silahkan download filenya di: Modul Photoshop Dasar Desain Grafis

Teknik Membuat Background Animasi 2 Dimensi Ala Multimeda


Background dengan teknik vektor

Sebuah film kartun kalau tanpa latar, maka seperti hampa, tidak jelas kapan dan di mananya. Jadi sangat penting sekali fungsi gambar background ini. Idealnya untuk sebuah film animasi 2 dimensi dibuat oleh seorang background artist. Selain keahlian menggambar yang mumpuni baik gambar natural maupun konstruksi yang memerlukan garis teknik seperti prespektif, juga harus jago memadukan warna, dan bisa membuat backgroudnya berada pada waktu tertentu, misal warna, pagi, siang, malam, atau subuh pasti pewarnaannya pasti akan beda. Bisa dibuat langsung dengan tangan di atas kertas dengan cat warna. Bisa juga menggambar secara manual dengan pensil, tapi pewarnaan dengan digital misal teknik digital painting dengan adobe photoshop. Atau full digital dengan pen tablet. Bagaimana kalau tidak ahli menggambar? Apalagi sampai digital painting… Nah, ini ada trik untuk anak Multimedia dalam membuat background animasi…

Tata Tertib Laboratorium Multimedia Seperti Dunia Industri


  1. Peserta didik memasuki ruang komputer setelah mendapat ijin dari instruktur/guru dan laboran Multimedia.
  2. Peserta didik memasuki ruang komputer dengan tertib.
  3. Peserta didik memakai pakaian seragam yang sesuai peraturan sekolah pada hari itu.
  4. Peserta didik memasuki ruang komputer dengan terlebih dahulu melepas sepatu.
  5. Peserta didik menyalakan komputer setelah mendapat ijin dari instruktur/guru.
  6. Peserta didik melakukan praktek komputer dengan tenang dan tertib.
  7. Peserta didik harus menjaga ketenangan dan ketertiban selama proses belajar mengajar di ruang komputer.
  8. Dilarang memindahkan peralatan di dalam Lab tanpa seijin dari laboran Multimedia.
  9. Dilarang mengotori atau merusak fasilitas laboratorium, termasuk menggores lantai dan permukaan meja. Pakailah matepad untuk alas memotong.
  10. Dilarang membunyikan perangkat audio visual kecuali untuk didengarkan sendiri melalui perangkat earphone/headphone—agar tidak mengganggu peserta lain
  11. Dilarang berjualan makanan dan minuman, makan (kecuali makanan kecil dan kering) dan minuman yang mengotori laboratorium.
  12. Peserta didik meninggalkan ruang komputer setelah merapikan alat-alat yang digunakan dan keluar tertib.
  13. Peserta didik meninggalkan ruang komputer setelah mendapat ijin instruktur/guru
  14. Peserta didik menyelesaikan kegiatan di ruang komputer dengan ijin dari instruktur/guru dengan sebelumnya mematikan komputer sesuai prosedur.
  15. Peserta didik yang melanggar tata tertib akan diberikan sanksi yang berlaku dan dilarang mengikuti kegiatan di ruang komputer sampai mendapat ijin dari instruktur/guru.
  16. Instruktur/guru wajib memantau kegiatan diruang komputer bersama laboran Multimedia.
  17. Instruktur/guru wajib menjaga ketertiban dan ketenangan proses kegiatan.
  18. Dilarang mengunakan laboratorium di luar jam kerja kecuali untuk pengerjaan tugas dan setelah mendapatkan ijin dari Koordinator dan/atau Kaprodi
  19. Yang diperbolehkan masuk adalah: Peserta didik multimedia, guru kompetensi multimedia, laboran multimedia, dan tamu yang telah mendapat ijin dari kepala program kompetensi multimedia atau laboran.

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...