Teknik Membuat Background Animasi 2 Dimensi Ala Multimeda


Background dengan teknik vektor

Sebuah film kartun kalau tanpa latar, maka seperti hampa, tidak jelas kapan dan di mananya. Jadi sangat penting sekali fungsi gambar background ini. Idealnya untuk sebuah film animasi 2 dimensi dibuat oleh seorang background artist. Selain keahlian menggambar yang mumpuni baik gambar natural maupun konstruksi yang memerlukan garis teknik seperti prespektif, juga harus jago memadukan warna, dan bisa membuat backgroudnya berada pada waktu tertentu, misal warna, pagi, siang, malam, atau subuh pasti pewarnaannya pasti akan beda. Bisa dibuat langsung dengan tangan di atas kertas dengan cat warna. Bisa juga menggambar secara manual dengan pensil, tapi pewarnaan dengan digital misal teknik digital painting dengan adobe photoshop. Atau full digital dengan pen tablet. Bagaimana kalau tidak ahli menggambar? Apalagi sampai digital painting… Nah, ini ada trik untuk anak Multimedia dalam membuat background animasi…

Tata Tertib Laboratorium Multimedia Seperti Dunia Industri


  1. Peserta didik memasuki ruang komputer setelah mendapat ijin dari instruktur/guru dan laboran Multimedia.
  2. Peserta didik memasuki ruang komputer dengan tertib.
  3. Peserta didik memakai pakaian seragam yang sesuai peraturan sekolah pada hari itu.
  4. Peserta didik memasuki ruang komputer dengan terlebih dahulu melepas sepatu.
  5. Peserta didik menyalakan komputer setelah mendapat ijin dari instruktur/guru.
  6. Peserta didik melakukan praktek komputer dengan tenang dan tertib.
  7. Peserta didik harus menjaga ketenangan dan ketertiban selama proses belajar mengajar di ruang komputer.
  8. Dilarang memindahkan peralatan di dalam Lab tanpa seijin dari laboran Multimedia.
  9. Dilarang mengotori atau merusak fasilitas laboratorium, termasuk menggores lantai dan permukaan meja. Pakailah matepad untuk alas memotong.
  10. Dilarang membunyikan perangkat audio visual kecuali untuk didengarkan sendiri melalui perangkat earphone/headphone—agar tidak mengganggu peserta lain
  11. Dilarang berjualan makanan dan minuman, makan (kecuali makanan kecil dan kering) dan minuman yang mengotori laboratorium.
  12. Peserta didik meninggalkan ruang komputer setelah merapikan alat-alat yang digunakan dan keluar tertib.
  13. Peserta didik meninggalkan ruang komputer setelah mendapat ijin instruktur/guru
  14. Peserta didik menyelesaikan kegiatan di ruang komputer dengan ijin dari instruktur/guru dengan sebelumnya mematikan komputer sesuai prosedur.
  15. Peserta didik yang melanggar tata tertib akan diberikan sanksi yang berlaku dan dilarang mengikuti kegiatan di ruang komputer sampai mendapat ijin dari instruktur/guru.
  16. Instruktur/guru wajib memantau kegiatan diruang komputer bersama laboran Multimedia.
  17. Instruktur/guru wajib menjaga ketertiban dan ketenangan proses kegiatan.
  18. Dilarang mengunakan laboratorium di luar jam kerja kecuali untuk pengerjaan tugas dan setelah mendapatkan ijin dari Koordinator dan/atau Kaprodi
  19. Yang diperbolehkan masuk adalah: Peserta didik multimedia, guru kompetensi multimedia, laboran multimedia, dan tamu yang telah mendapat ijin dari kepala program kompetensi multimedia atau laboran.

Cara Suara Video Jadi Jernih | MENYETING REKAMAN

Aplikasinya apa ya biar suaranya bagus? Sering sekali ada yang bertanya ketika melihat video atau film dengan suara yang bagus. Di sinilah peranan crew tata suara diperlukan. Maka kalau seorang yang berprofesi atau bertugas menjadi penata suara, soundman, sound designer, micboomer, atau yang berkaitan dengan tata suara diapresiasi karyanya, maka pertanyaan yang ditujukan adalah, sudah menonton film apa? Di mana? Di bioskopkah? Di Youtubekah? Apakah memakai headset ketika menontonnya? 

10 Soal Esay Teknik Pengolahan Audio & Video | Berkaitan Produksi Film


  1. Sebutkan lima okupasi dalam pembuatan film!

  2. Apa sajakah lima alat untuk membuat film?

  3. Sebutkan empat okupasi yang masuk ke dalam Tata Artistik dalam pembuatan layar lebar!

  4. Sebutkan tiga dimensi karakter untuk mendalami seni pemeranan!

  5. Kenapa antara pukul 07.00 hingga 11.00 dan antara pukul 14.00 hingga 16.30 adalah waktu yang baik untuk pengambilan gambar?

  6. Apa yang dimaksud dengan prinsip Three points lighting?

  7. Campuran bahan apa saja untuk membuat efek darah dalam pembuatan film?

  8. Apa tugas dari seorang produser?

  9. Berapakah durasi film pendek? Kalau durasi film panjang berapa lama?

  10. Apa saja yang harus didaftar dalam breakdown seorang penata artistik?

10 Soal Pilihan Ganda Sejarah Software Bitmap Beserta Jawabannya

Jenis file gambar terdiri dari file gambar vector dan file gambar bitmap. Software atau perangkat lunak pengolah bitmap biasanya untuk pengolah foto atau untuk membuat digital painting, seperti pewarnaan kartun, komik, dan background untuk animasi. Pada umumnya software yang dibuka untuk pengolah bitmap yaitu adobe photoshop. Tapi zaman sekarang sudah banyak aplikasi atau software open source alias gratis, misalnya GIMP. Selain bisa dikopi paste soal, dengan jawaban yang diblok warna kuning, disertai file materi PDFnya tentang Sejarah Adobe Photoshop. Saya coba membuat soal pilihan ganda di google form juga, pada semester genap tahun 2020 untuk kelas X, tepatnya mata pelajaran Dasara Desain Grafis untuk kompetensi Multimedia di SMK Teladan Kertasemaya, Indramayu. Karena dengan Google form jadi nilai atau hasilnya bisa langsung muncul, untuk KKMnya 76, jadi kalau kurang dari 80 yang bisa langsung diulang. Juga bisa diprint PDF untuk keperluan diprint. Selamat mencoba soal Sejarah Software Bitmap, tinggal klik link di bawah ini:


  1. Arti kata software adalah perangkat…

    A. Baru
    B. Lama
    C. Keras
    D. Lunak
    E. Modern
     
  2. Adobe Systems adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang animasi, video, pengembangan web, dan ...

    A. Komik
    B. Grafis
    C. Kartun
    D. Foto
    E. Storyboard
     
  3. Perusahaan ini berpusat di San Jose, California, AS dan didirikan pada tahun…

    A. 1952
    B. 1962
    C. 1972
    D. 1982
    E. 1992
     
  4. Beberapa dari produk-produknya yang terkenal dan mendunia adalah Acrobat, Flash, dan …

    A. CorelDraw
    B. Pagemaker
    C. Corelpaint
    D. Powerpoint
    E. Photoshop
     
  5. Nama Perusahaan Adobe berasal dari Adobe Creek di Los Altos , California, yang berupa …

    A. Kolam
    B. Pantai
    C. Sumur
    D. Danau
    E. Sungai
     
  6. Adobe didirikan oleh Charles Geschke dan …..

    A. John Travolta
    B. John Warnock
    C.  John Lenon
    D.  John Warlock
    E.  John White
     
  7. Logo perusahaan Adobe ini hasil rancangan Marva Warnock, seorang …

    A. Desainer interior
    B. Desainer produk
    C. Desainer fashiom
    D. Desainer grafis
    E. Desainer tekstil
     
  8. Adobe Illustrator , sebuah program gambar berbasis …

    A. Vector
    B. Bitmap
    C. Foto
    D. Video
    E. Pixel
     
  9. File versi terbaru dari Photoshop yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB yaitu …

    A. PDD
    B. PSD
    C. PSB
    D. PDS
    E. PBS
     
  10. Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan … 

    A. Aperture
    B. Shutter Speed
    C. Cahaya
    D. Fokus
    E. Bokeh

10 Soal Pilihan Ganda Sejarah Software Bitmap (Google Form)

Silabus Animasi 2D Super Simpel




Di saat pandemi untuk mengajar Animasi Dua Dimensi selain jamnya berkurang, kendala prakteknya menjadi masalah utama. Maka saya mencoba menyederhanakan silabusnya di tahun pelajaran 2020/2021 ini. Selain membuat kelompok terlebih dahulu, juga prosesnya mengikuti produksi film kartun. Mulai dari pembuatan cerita (naskah), yang bisa langsung diwujudkan ke dalam storyboard. Setelah storyboard jadi, langsung dibuat rekaman suara (dubbing) atau voice over (VO). Sementara untuk karakter sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh guru, supaya memangkas waktu. Karakternya disiapkan dari channel Animasi saya di: CARTOONIM

Background juga tidak wajib digambar, bisa berupa video yang penting sudah sesuai storyboard. Karena kompentensi multimedia, dengan waktu terbatas di masa pandemi, keahlian saya fokuskan dalam menggerakan puppet dan dalam proses composing sampai editing. Ou, iya di SMK Teladan Kertasemaya, Indramayu kebetulan untuk animasi dibagi dua guru secara terpisah, antara animasi 2D dan 3D. File silabus simpel Animasi 2 Dimensi silahkan diunduh di:

SILABUS SIMPLE ANIMASI 2 DIMENSI

Cara Sukses Join dan Mengerjakan Tugas Google Classrom dengan Hape




Selain cara standar join, akan ditambahkan cara mengerjakan tugas dari guru agar mudah dan dapat nilai maksimal. Langkah standarnya:

  1. Buka playstore
  2. Pilih cari aplikasi 
  3. google classroom
  4. Instal apk Google Classroom
  5. Buka apk google classroom
  6. Pilih tombol get started
  7. Pilih tombol atau icon tanda +
  8. Pilih join class

Ada sekitar 32 langkah dari gabung ke classroom sampai mengerjakan tugasnya, yang pertama adalah membuka internetmu, dan jangan lupa sign in pada alamat gmailmu, karena gmail adalah produk dari google.Jadi tidak harus install aplikasinya, bisa saja langsung buka browsernya.

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...