PLUGINS & TEMPLATE, 10 Hal Penting Pada After Effect


Ketika produksi atau shooting sudah selesai dilanjut ke pasca produksi yaitu editing. Berbekal script continuity bisa membagi tugas dengan jumlah para editor atau anggotanya. Maka dibuatlah sequence bersama untuk mempercepat proses editing, proses ini bisa disebut editing offline. Ketika alur dari sequence disetujui sutradara atau klien maka editing offline dilock, kemudian dilanjut ke tahap editing online, editing penyempurnaan, bisa juga disebut post production atau lanjut komposing. Tahap komposing ini biasanya menggunakan Adobe After Effect. Untuk menjadikan hasil animasi atau komposingnya atau mostion grafisnya bagus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja kira-kira?


Membuat Komposing Kecil

Adobe after Effect adalah pembuat komposing, tahapan mudah untuk membuat sebuah komposisi efek tentu saja dengan membuat efek-efek kecil atau detil dulu yang disebut PRECOMP. Ini juga fungsinya supaya tidak terlalu banyak layer yang dibuat, karena komposisi ini biasanya dengan jumlah yang lebih banyak dibanding editing offline (sequence).


Install Plugins

Menurut master atau yang expert di bidang pembuatan visual effect atau editing online dengan Adobe After Effect, menggunakan software ini sama engan belajar seumur hidup, gak cukup belasan tahun. Dan sering membuat kepala "berasap" karena cukup rumit. Tapi kalau memahami dasarnya ya bisa lebih mengerti, malah menciptakan efefk menjadi sebuah tantangan atau keseruan tersendiri. Maka para expert atau yang ahli dengan Adobe After Effect banyak membuat plugin entah yang berbayar maupun gratis. Plgins tadi tentu saya bisa dicari melalui internet. Plugin akan muncul dibagian window pada AE, memerlukan proses intall, dengan mengikuti petunjuk dari tiap plugin. Tidak terlalu sult, seharusnya. Beberapa contoh plugins yang mempercepat pengerjaan editing online dengan Adobe After Effect:

1. Animation Composer

Plugin ini menyediakan preset atau setingan untuk pergeakan atau animasi dari tulisan, animasi dari ikon atau grafis beserta efek suaranya, preset transisi video yang keren, dan sebagainya.


2. Saber

Plugin ini dengan efek cahaya, bermacam cahaya seperti neon, petir, dan sebagainya. Sebernarnya bisa saja membuat efek tadi tanpa plugin ini, tapi harus bersusah payah mewujudkan konsepnya. Tapi dengan plugin saber, maka tulisan efek bercahaya leboh diatur dengan mudah dengan banyak vareasi yang menjadikan efek pada videomu lebih keren lagi, tidak biasa saja.


3. Duix Bassel

Plugin ini sangat bagus untuk pembuatan animasi, karena memberikan efek rigging atau tulang untuk animasi 2 Dimensi. Dengan membuat gambar melaui Adobe Illustrator atau Adobe Flash dulu, dengan memisahkan layer tiap bagian sendi tulang. Maka dengan plugins Duix Bassel, maka gerakannya akan terasa lebih halus.


4. Slider

Selain plugin Duix Bassel, ada plugin lain yang bisa membuat ekspresi wajah menjadi lebih hidup, dengan plugin slider dari mulai alis, mata dan peregrakan mulut jadi lebih luwes. Tinggal geser-geser bentuk mulut sesuai dengan suara vokal yang sebelumnya direkam, maka proses lipsync akan cepat diekrjan dengan baik. Berkarya pun terasa semakin mudah. Tentang lipsync dan slider akan saya bahas di tulisan berikutnya.


5. Video Copilot

Plugin yang membuat pengerjaan 3D menjadi lebih mudah. Seebenarnya bisa saja tanpa plugins ini kita membuat efek 3D, tapi sama menjadi penuh tantangan dan tidak mudah. Tapi dengan plugin Video Copilot pengerjaan 3D tidak butuh waktu lama, setiingan extrude yang mempertebal objek yang adanya di software animasi 3D jadi muncul di adobe Afater Effect, begitupula setingan lainnya seperti material dan environtmenya, tinggal pilih tinggal pakai sesuai konsep.


Dengan plugins pekerjaan yang lama dan rumit menjadi seru sepert permainan, selain plugins yang bisa membuat mudah pengerjaan dan seru adalah template. Template adalah file mentah beserta bahan-bahannya. Kita tiggal mengedit, merubah atau meodifikasi sesuai konsep. Selain lima plugins ada lima template yang saya bahas, dari sekian banyak plugin dan template yang tidak terhitung. Lima template tadi di antaranya ada:


1. Title

Title atau judul dengan efek tentu saja lebih menarik dibanding judul biasa saja, misalnya judul dengan efek cahaya, efek horor, dan efek-efek lainnya. Tingal searching di internet maka beberapa website penyedia tempalte AE ini bermunculan, dari yang gratis smapai yang premium.


2. Graphic

Jika membutuhkan diagram, tabel, atau motion graphic untuk mempermanis deskripsi videomu, tempalte ini yang perlu dicari. Tentu saja sama seperti template lainnya perlu domodif lagi, disesuaikan diagramnya dengan datamu.


3. Display Video

Untuk membuat tampilan video lebih vareatif, misalnya gambranya terdiri dari beberapa panel atau frame sekaligus, seperti tampilan komik.


4. Promo Produk

Cocok untuk penjualan produk atau jasa secara online maka ada template yang bertema promo produk, yang menampilkan bagian untuk peletakan berbagai produknya.


5. Broadcast

Template untuk penyiaran yaitu bumper berita, berupa judul acara TV atau nama produk untuk iklan dengan grafis menawan.


Kesepuluh jenis plugins dan tempalte tadi memang mempermudah pengerjaan, tapi ya harus memahami dasarnya dulu. Kalau tidak memahami ya tetap membingungkan. Apalagi ketika ikut uji sertifikasi kompetensi, harus membaca dulu SKKNInya, perlu dipersiapkan, kemudian dilatih pembuatan motion grafis dengan After Effectnya. Saya yakin kalau paham dasarnya membuat motion grafis jadi lebih seru dan menyenagkan, tapi kerjaan ini harus dibayar mahal karena ide, pikiran, usaha, waktu, modal listrik dan alat harus dibayar. Apalagi Software Adobe After Effect ini memerlukan spek komputer yang besar, yang tidak murah, apalagi pembuatannya walu seru tetap membuat kepala berasap. Rendernya pun tidak cepat kalau emamaki efek 3 Dimensi, ya tergantung spek komputernya juga. Ok, itu saja, semangart ngutak-ngatik editing dengan After Effect

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...