5 Langkah Membuat Animatik Dengan Adobe Premier


Animatik, mungkin jarang mendengar kata ini, seringnya animasi. Jadi apa bedanya? Animatik bukan animasi "saeutik" dari bahasa Sunda hehehe... Di studio animasi atau perusahaan animasi sering membuat animatik, setelah membuat storyboard, entah itu kartun 2D atau 3D. Biasanya animatik ini dibuat dengan sketsa, tentu saja untuk perusaahn animasi besar, animatiknya dibuat dengan detil yang super, walau dengan sketsa atau coretan tangan yang kasar. Animatik adalah storyboard yang bergerak, dan diberi suara walau tidak selengkap animasi jadinya. Dengan animatik maka durasi animasinya akan terukur dengan akurat, dibanding masih berupa animasi. Gimana siy membuatnya? Apakah ada cara mudahnya?


Kalau dikerjakan secara kelompok, seharunya fun ya...  Yang pertama masing-masing membuat ide cerita, supaya bisa menghasilkan cerita yang terbaik. Setelah membuat cerita, tentu saja didiskusikan bersama kelompoknya, mana cerita yang paling bagus, kalau ada cerita yang terpilih, maka sebaiknya dikritisi supaya makin baik dan berbobot. Entah dari karakter 3D desain tokohnya dari mulai fisik, sikap, dan secara sosial di masyarakat sebagai apa. Ketika ceritanya semakin baik, karena sudah dimodifikasi dan dimimialisir hal aneh dalam ceritanya, semuanya dibuat sangat wajar, dramatis, dan inspiratif, serta membawa emosi yang baik dan diinginkan untuk penonton.


Setelah cerita dibangun dengan baik, langkah kedua adalah merekam suara. Ya tentunya berdasar ceritanya membutuhkan berapa pengisi suara. Walaupun ada aplikasi voice toon atau voice changer tapi suara asli biasanya lebih baik. Yang paling penting adalah alat perekamnya, misalnya dengan menggunakan minimalnya adalah handyrecorder dan lokasi rekaman harus bersih dari suara bising atau noise. Jadi sauara bagus ya bukan karena softwarenya yam tapi alat perekam dan sumber suaranya juga bagus.


Langkah berikutnya adalah membuat storyboard, untuk mempermudah pembuatan storyborad, harus ada yang handal dalam membuat thumbnail secara cepat. Thumbnail dibuat berdasar naskah cerita sesuai dengan yang direkam. Panel-panel thumbnail yang berukuran kecil tadi dibagikan ke kelompok supaya pengerjaannya cepat. Dan masing-amasing anggota kelompok bisa membuat sketsa yang lebih rapih dan lebih besar dibanding thumbnail, misal diperbesar menjadi ukuran A5.


Langkah keempat adalah memindai sketsa tadi satu per satu, dan memasukannya ke dalam satu komputer dalam folder gambar misalnya. Dan jangan lupa file hasil rekaman dengan file WAV juga dipilih, dan diperbaiki dengan Adobe Audition, apalagi kalau memerulkan efek pada suara yang sudah direkam, misalnya echo atau suara orang sedang menelpon, dan sebaginya. Sampai semua gambar ada semua di folder gambar, begitu pula file suara sudah lengkap kalua perlu direname sesuai urutan animasinya. Dan siapkan juga suara musik latar atau backsound atau jingle yang sesuai untuk film kartunya, dan tentu saja efek suara seperti langkah kaki, dan sebagianya. Musik dan efek suara bisa dibuat sendiri, yang niasanya dibuat oleh yang berprofesi sebagai folley artist, atau mencari dari internet misalkan di audio gallerynya milik Youtube.


Langkah terakhir adalah pembuatan animatik, buka saja Adobe Premier, bikin sequence, impor semua gambar dan file suara, dan susun urutannya sesuai urutan yang ada di seknario atau direubah berdasarkan permintaan sutradara. File gambar berada di layer video, dan suara berada pada layer audio.  Suara vokal (voice over) berada di layer audio 01, suara efek berada pada layer 02, dan suara musik berada pada layer 03, ini minimal urutan suara. Bisa saja suara orang atau VO ada di layer audio 01 dan 02, kalau ada suara yang sengaja ditumpuk. Begitupa untuk gambar sktesa yang discan berada pada layer video 01, untuk menambahkan elemen lainnya mislanya judul, grafis, berada di layer video 02, 03, dan sebagainya sesuai kebutuhan


Setelah, selesai tinggal dirender saja atau diekspor menjadi file misalnya MP4 atau Mov yang lebih ringan. Jadilah animatik sebagai patokan pemuatan animasi biar lebih akaurat terutama dalam soal durasi dan bahan apa saja serta teknik apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan animasinya yang bagus. Ok, sobat Texaz Multimedia, mudah dan seru bukan? Kalau ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar... dan Jangan lupa untuk subscribe channel kartun atau animasi kami yaitu channel CARTOONIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...