161 Soal Animasi Pilihan Ganda 2021

Filmnya bisa ditonton di: https://youtu.be/SDHE1lOKmRM

Soal Animasi 2 Dimensi & 3 Dimensi XI Multimedia TA 2021/2022 


1. Cetak biru atau rancangan dan konsep dari awal sampai akhir, perwujudan sebuah film, baik film live action maupun animasi adalah... 
A. animatik
B. komposing
C. background
D. storyboard
E. puppet

 2. Tiga framing secara garis besar dikelompokan menjadi tiga kelompok jenis shot yaitu... 

A. big close up, middle shot, dan etreme long shot
B. full shot, long shot, dan etreme close up
C. knee shot, full shot, dan cowboy shot
D. extreme close up, middle shot, dan long shot
E. close up, full shot, dan long shot

 3. Handyrecorder memakai batere ... 

A. A
B. AA
C. AAA
D. AAAA
E. AAAAA

4. Berapakah batere yang dibutuhkan oleh handyrecorder? 
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
E. Lima

5. Sebelum membuat animasi setelah naskah dibuat, langkah selanjutnya adalah yaitu...  
A. voice over
B. menggambar background
C. menggerakan puppet
D. komposing
E. editing

6. Tulisan untuk melengkapi sebuah storyboard biasanya adalah ....  
A. musik dan suara manusia
B. suara manusia dan efek
C. musik dan narasi
D. suara hewan dan musik
E. efek dan musik

7. Sebutan lain untuk dubbing yaitu .... 
A. mixing
B. editing
C. animatik
D. voice over
E. stop motion

8. Handyrecorder disambungkan dengan headset pada lubang ...  
A. Headset
B. Line in
C. Line out
D. Lavaliermic
E. Power

9. Pada gambar latar manakah yang paling terlihat di depan?  
A. background
B. middleground
C. foreground
D. underground
E. upperground

10. Apa sebutan bagi bagian gambar latar yang terlihat berada di tengah- tengah pemandangan?  
A. background
B. middleground
C. foreground
D. underground
E. upperground

11. Yang membuat gambar latar disebut ... 
A. ilustrator
B. animator
C. background artist
D. composer
E. director

12. Software yang digunakan untuk proses komposing, menyatukan background dengan gambar animasi, dan diberi efek yaitu adobe ...  
A. photosop
B. lightroom
C. illustrator
D. after effect
E. premier

13. Cara membuat background animasi yang paling cepat yaitu dengan cara ....  
A. menggambar di kertas dan mewarnainya pakai cat
B. menggambar di kertas, discan, dan diwaranai digital painting
C. langsung membuat digital painting dengan photoshop
D. merekam background berupa video dengan kamera
E. membuat background dengan pengolah vector

14. Cara mengimpor sketsa yang benar pada Adobe Flash untuk ditracing adalah ...  
A. Klik ekspor dan pilih media
B. Impor to stage dan taruh di layer bawah
C. Impor to library
D. Tarik dari library ke timeline layer atas
E. Posisi di layer tengah pada timeline

15. Untuk proses tracing sketsa menggunakan pen tablet sebaiknya memilih ... 
A. Pen Tool
B. Brush Tool
C. Pencil Tool
E. Deco Tool
D. Line Tool

16. Kalau ingin membuat bentuk kotak maka akan memilih ...  
A. Poly star tool
B. Rectangle tool
C. Rectangle primitive tool
D. Oval tool
E. Line tool

17. Untuk pengguna mouse paling tepat untuk menggambar dengan menggunakan ...  
A. Pen Tool
B. Brush Tool
C. Pencil Tool
D. Deco Tool
E. Line Tool

18. Kalau ingin membuat bentuk lingkaran maka akan memilih ...  
A. Poly star tool
B. Rectangle tool
C. Rectangle primitive tool
D. Oval tool
E. Line tool

19. Jika kesulitan membuat latar atau background, Adobe Flash memberikan kemudahan dengan sekali klik atau tarikan garis ...  
A. Deco Tool
B. Line Tool
C. Pencil Tool
D. Pen Tool
E. Brush Tool

20. Untuk mewarnai garis tinggal memilih ...  
A. Rectangle primitive tool
B. Oval primitive tool
C. Paint bucket tool
D. Ink bottle tool
E. Poly star tool

21. Untuk teknik rigging yang menambahkan tulang pada gambar menggunakan ....  
A. Hand tool
B. Swap colors
C. Ink bottle tool
D. Bone tool
E. Poly star tool

22. Software untuk menggambar animasi yaitu ..... flash  
A. Corel
B. Gimp
C. Blender
D. Desk
E. Adobe


23. Lembar kerja pada Flash disebut ...  
A. Document
B. Composition
C. Sequence
D. Stage
E. Movie


24. Ketika garis menjadi kaku menjadi simbol graphic, cara membuat garis menjadi lunak adalah dengan cara memilih MODIPY dan kemudian pilih ...  
A. Weld
B. Simplipy
C. Brake
D. Trim
E. Unity


25. Yang bukan merupakan puppeter ...  
A. wayang kulit
B. wayang golek
C. model clay
D. background
E. desain karakter


26. Rigging itu artinya ...  
A. menambahkan tekstur kulit dengan komputer
B. menambahkan tulang dengan komputer
C. menambahkan tangan dengan komputer
D. menambahkan kaki dengan komputer
E. menambahkan baju dengan komputer


27. Software yang tidak mempunyai tool atau plugin rigging yaitu...  
A. Moho
B. Blender
C. Adobe After effect
D. Adobe Photoshop
E. Adobe Flash


28. Setelah merekam suara dengan handyrecorder, maka ..... bergerak sesuai suara rekaman.  
A. alis
B. hidung
C. mata
D. mulut
E. kumis


29. Kalau gambar puppeter terlihat dari batas dada sampai sedikit di atas rambut disebut jenis shot...  
A. Full Shot
B. Middle Shot
C. Close Up
D. Big Close Up
E. Extreme Close Up


30. Kalau gambar puppeter terlihat dari batas dagu sampai kening disebut jenis shot...  
A. Full Shot
B. Middle Shot
C. Close Up
D. Big Close Up
E. Extreme Close Up


31. Kalau gambar puppeter terlihat dari kaki sampai sedikit di atas rambut disebut jenis shot...  
A. Full Shot
B. Middle Shot
C. Close Up
D. Big Close Up
E. Extreme Close Up

32. Kalau gambar puppeter terlihat dari pinggang sampai sedikit di atas rambut disebut jenis shot ...  
A. Full Shot
B. Middle Shot
C. Close Up
D. Big Close Up
E. Extreme Close Up

33. Kalau hanya satu mata yang terlihat secara detil dalam filmnya disebut jenis shot ...  
A. Full Shot
B. Middle Shot
C. Close Up
D. Big Close Up
E. Extreme Close Up

34. Kalau sebuah film kartun menampilkan suasana di luar angkasa yang penuh bintang, planet dan asteroid dengan planet bumi sebagai fokus di tengah-tengah paling besar terlihat disebut jenis shot ...  
A. Full Shot
B. Middle Shot
C. Long Shot
D. Extreme Long Shot
E. Extreme Close Up

35. Software untuk editing video dari Adobe Systems yaitu ...  
A. Adobe Photoshop
B. Adobe Illustrator
C. Adobe Premier
D. Adobe Flash
E. Adobe After Effect

36. Gambar kasar biasanya bergerak dan suara hasil rekaman digabungkan ke dalam sequence di Adobe Premier disebut ....  
A. Animasi
B. toryboard
C. Animatik
D. Script
E. Naskah

37. File mentah hasil editing pada Adobe Premier adalah ...  
A. FLA
B. AEF
C. PRPROJ
D. MOV
E. AVI

38. Di bawah ini adalah lima proses menggambar konstruksi anatomi : 1. Konstruksi kepala, 2. Konstruksi badan, 3. Pose dan line of action, 4. Konstruksi tangan, 5. Konstruksi kaki. Bagaimana tahapan yang benar dalam menggambar konstruksi anatomi?  
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 1, 2, 3, 5, 4
C. 1, 2, 3, 5, 4
D. 1, 2, 4, 5, 3
E. 1, 3, 4, 5, 2

39. Setelah membuat konstruksi anatomi yang bagus dan benar, hal lain yang penting adalah membuat rotasi. Rotasi turn around yang bisa dilihat 360° dalam keadaan diam. Sedikitnya kita perlu membuat 8 frame gambar sebagai berikut: 1. Tampak depan, 2. Tampak belakang, 3. Tampak samping kanan, 4. Tampak samping kiri, 5. Tampak 3/4 depan kanan, 6. Tampak 3/4 depan kiri, 7. Tampak 3/4 belakang kanan, 8. Tampak 3/4 belakang kiri. Bagaimanakah urutan supaya rotation-nya benar?....  
A. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8
B. 1, 5, 3, 7, 2, 8, 4, 6
C. 1, 3, 5, 2, 4, 8, 7, 6
D. 1, 4, 5, 3, 6, 2, 7, 8
E. 1, 6, 7, 8, 2, 3, 4, 5

40. Cara membuat desain karakter menjadi rotation dengan Adobe Flash, ditambah bayangan yang berputar... 1. Membuat sketsa berbagai tampak, 2. Scan sketsa, 3. Menyusun keyframe sesuai urutan rotation yang benar, 4. Tracing desain karakter, 5. Mewarnai desain karakter, 6. Ekspor menjadi file SWF, 7. Impor file SWF ke library, 8. Menarik file SWF dari library, 9. Memilih drop shadow dan hide object, 10. Menduplikat desain karakter. Urutan yang benarnya adalah ...  
A. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
B. 1, 2, 3, 4, 7, 6, 5, 8, 9, 10
C. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 8, 10
D. 1, 3, 2, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
E. 1, 2, 4, 5, 3, 6, 7, 8, 10, 9

41. Proses komposing dalam animasi yaitu menyatukan background, karakter yang bergerak, dan diberikan banyak efek supaya terlihat menyatu dan terlihat nyata dan lebih indah dengan shadow dan lighting. Jadi gak hanya berhenti dengan adobe Flash, tapi membutuhkan software komposing yaitu ....................................  
A. Adobe Premier
B. Adobe Flash
C. Adobe After Effects
D. Adobe Illustrator
E. Adobe Photoshop

42. Software editing video tidak bisa menerima semua jenis file, salah satunya file ....................... hasil ekspor clip dari Adobe Flash, apalagi file mentah dari Flashnya.  
A. FLA
B. SWF
C. PNG
D. MP4
E. JPG

43. Pada Adobe Flash kalau sudah oke pekerjaannya tinggal ekspor menjadi file clip dengan format SWF, caranya mudah tinggal pijit tombol CTRL dan ...................... pada keyboard.  
A. ENTER
B. DELETE
C. TAB
D. SHIFT
E. ALT

44. Karena saya merubah dengan tekstur tembok pada saat komposing, maka tembok dibuang dan diambil gambar gordengnya saja. Untuk gordeng saya tidak mengekspor menjadi file SWF supaya durasinya bisa mudah pas sesuai jumlah frame, saya lebih suka dijadikan file ......................... supaya durasinya lebih eksibel.  
A. JPG
B. MP4
C. FLA
D. PNG
E. PSD

45. Buka After Efect, untuk memulai proses komposing. Biarkan proses loading sampai selesai, kemudian baru membuat New Project dan buat New ...................................  
A. Document
B. Project
C. Composition
D. Sequence
E. File

46. Pilih formatnya, sesuaikan dengan rencana apakah HDTV, layar lebar, atau costum. Jangan lupa diberi nama dan biasakan disimpan di drive ............................. di dalam folder yang tepat.  
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E

47. Gunakan efek, untuk membuat ruangan tampak sesuai prinsip prespektif. Misalnya dengan gambar tekstur dengan efek Power ............................... mengikuti prespektif dari ranjang, sehingga tampak lebih natural.  
A. Pin
B. Sphere
C. Saber
D. Shadow
E. Drop

48. Bisa juga ditambahkan efek bayangan dengan Drop ......................................... 
A. Pin
B. Drop
C. Shadow
D. Saber
E. Sphere

49. Sempurnakan, hasil mengamati atau apresiasi dari teman akan menghasilkan perbaikan. Misalnya memberik efek Spot .......................... warna kuning datang dari arah lampu tembok dengan menambahkan Layer Adjusmant supaya tidak langsung berdampak pada layer.  
A. Light
B. Lightning
C. Shadow
D. Color
E. Distorsi

50. Kalau sudah bagus dan oke, ya tinggal dirender saja, tinggal pijit saja tombol CTRL dan ..............................., di bagian lossless pilih quicktime atau H 264, setelah itu klik pada bagian Output yang berwarna kuning untuk menentukan folder tempat menyimpan file videonya.  
A. K
B. L
C. M
D. N
E. O

51. Sebutan animasi judul pada editing video ditujukan untuk desain ... 
A. Uper Thirds
B. Higher Thirds
C. Middle Thirds
D. Lower Thirds
E. Title Thirds

52. Tool yang tidak ada pada bagian Title adalah ... 
A. Type
B. Pen
C. Line
D. Rectangle
E. Brush

53. Yang paling penting dalam memainkan warna supaya terlihat jelas, dan tulisan terbaca dengan baik yaitu... 
A. Gradasi
B. Titik fokus
C. Kesimbangan
D. Kontras
E. Irama

54. Unsur yang ada pada LOWER THIRDS yang benar adalah ... 
A. Logo, Nama, dan Judul Video
B. Logo, Nama, dan Profesi
C. Judul Video, Nama, dan Profesi
D. Logo, Judul Video, dan Profesi
E. Logo, Kredit Title, dan Profesi

55. Apa yang dimaksud dengan kerning pada bagian font? 
A. Jarak antar paragraph
B. Jarak antar kalimat
C. Jarak antar kata
D. Jarak antar huruf
E. Jarak antar baris

56. Logo transparan atau bolong tanpa warna latar yang dimunculkan pada video harus ...  
A. File JPG, high res
B. File PNG, 72 DPI
C. File JPG, 72 DPI
D. File PNG, 300 DPI
E. File JPG, 300 DPI

57. Untuk menambah tiga track video tanpa menambah track audio, cara mengisinya...  
A. Audio Tracks 3 Video Tracks 0
B. Audio Tracks 3 Video Tracks 3
C. Audio Tracks 0 Video Tracks 0
D. Audio Tracks 0 Video Tracks 3
E. Video Tracks 3 Audio Tracks 3

58. Untuk memperkecil logo pada Adobe Premier supaya ukuranya tidak besar tinggal memilih ...  
A. Audio Meters
B. Effect Controls
C. Efects
D. Option
E. Project

59. Kalau ingin membuat Lower Thirdsnya bergerak tinggal mengatur dan memberinya ....  
A. timeline
B. project
C. browse
D. type
E. keyframe

60. Untuk melakukan komposisi objek dan memberi efek animasi pada setiap adegan yang dibuat. Fiturnya yang sangat lengkap dan penggunaan yang mudah, ini adalah software Adobe .......  
A. Photoshop
B. Premier
C. After Effects
D. Illustrator
E. Indesign

61. Software ini juga menjadi salah satu yang populer untuk motion graphic yang biasa dikenal dengan AI, berguna untuk membuat animasi dari pecahan vektor dengan cepat dan mudah. Selain itu, vektor tersebut dapat diubah untuk motion tweening (cara membuat gerakan dengan membuat bingkai pada objek dari satu titik ke titik lainnya). Software ini adalah Adobe .......  
A. Photoshop
B. Premier
C. After Effects
D. Illustrator
E. Character Animator

62. Bagi kebanyakan orang, software ini digunakan untuk edit foto. Namun, software ini berguna juga untuk membuat objek, membuat animasi grafis, bahkan dapat digunakan membuat storyboard. Software ini adalah Adobe .......  
A. Photoshop
B. Premier
C. After Effects
D. Illustrator
R. Character Animator

63. Motion Graphic sendiri terdiri dari 2 suku kata, Motion yang berarti Gerak dan Graphic yang biasa dikenal dengan istilah Grafis. Secara umum Motion Graphic ialah menggabungkan desain-desain berbasis media visual dengan memasukkan beberapa elemen-elemen berbeda, seperti animasi, film, ilustrasi, musik, photography, typography, dan ..............  
A. animasi
B. film
C. ilustrasi
D. musik
E. videography

64. Motion graphic memberikan sesuatu yang biasanya tidak ada, seperti latar belakang video explainer dan shape dalam presentasi. Sedangkan ................................ menyampaikan cerita secara detail dengan karakter dan alur cerita.  
A. animasi
B. film
C. ilustrasi
D. musik
E. videography

65. Perbedaan antara motion graphic dan info grafis ialah motion graphic menggunakan animasi sedangkan info grafis menggunakan ............................. Walau pada umumnya motion graphic juga dikombinasikan dengan audio dalam gaya grafis.  
A. foto
B. gambar
C. video
D. teks
E. garis

66. Sebutan “Motion Graphic” dipopulerkan oleh .............. dan buku Chris Meyer yang berjudul “Menciptakan Motion Graphics”, berisi tentang menggunakan aplikasi Adobe After Effects. Buku tersebut berisi tentang menggunakan soware Adobe After Effects, aplikasi desktop yang dikhususkan untuk produksi video. 
A. Tri
B. Trsina
C.Trisno
D. Trish
E. Tria

67. Bisa digunakan untuk apa saja motion graphic itu?  
A. Konten medsos, storytelling, dan majalah
B. Konten medsos, storytelling, dan Maxon Cinema 4D
C. Konten medsos, storytelling, dan komik
D. Konten medsos, storytelling, dan sepanduk
E. Konten medsos, storytelling, dan video

68. Kini banyak perusahaan yang menggunakan motion graphic dalam melakukan branding. Tidak hanya itu, namun digunakan juga untuk membuat logo dan .......... produk.  
A. animasi
B. iklan
C. video
D. liputan
E. unboxing

69. Di dunia hiburan, motion graphic sering diimplementasikan dalam pembuatan video .................... yang biasanya berkaitan degnan musik.  
A. animasi
B. iklan
C. klip
D. liputan
E. dokumentasi

70. Proses pembuatan Motion Graphic dimulai dengan ide, membuat skenario, rekaman atau voice over, membuat aset atau bahan ilustrasi dengan ....  
A. Adobe After Effects, dan dilanjut dengan pembuatan motion graphic dengan Adobe Illustrator, dan  terakhir adalah editing video dengan Adobe Premier.
B. Adobe Premier, dan dilanjut dengan pembuatan motion graphic dengan Adobe After Effects, dan terakhir adalah editing video dengan Adobe Illustrator.
C. Adobe Illustrator, dan dilanjut dengan pembuatan motion graphic dengan Adobe Premier, dan terkahir adalah editing video dengan Adobe After Effects.
D. Adobe Indesign, dan dilanjut dengan pembuatan motion graphic dengan Adobe After Effects, dan terakhir adalah editing video dengan Adobe Premier.
E. Adobe Illustrator, dan dilanjut dengan pembuatan motion graphic dengan Adobe After Effects, dan terakhir adalah editing video dengan Adobe Premier.

71. Adobe Illustrator sebenarnya sama dengan ................ tapi karena perusahaan yang memproduksi aplikasinya berbeda maka banyak kelebihan yang ada di Adobe Illustrator.  
A. Photoshop
B. After Effects
C. Premier
D. CorelDraw
E. Flash

72. Aplikasi untuk membuat komposisi video yaitu Adobe ...  
A. Photoshop
B. Premier
C. After Effects
D. Animate
E. Illustrator

73. Ukuran layar HDTV yaitu ...  
A. 1080 x 1080 pixel
B. 1920 x 1080 pixel
C. 1920 x 1920 pixel
D. 2560 x 1080 pixel
E. 2560 x 2560 pixel

74. Untuk video yang akan diunggah ke format instagram yang bentuknya kotak sebaiknya menggunakan rasio layar ....  
A. A4
B. A3
C. 1920 x 1080 pixel
D. 1080 x 1080 pixel
E. Legal

75. Ukuran layar lebar yaitu ...  
A. 1080 x 1080 pixel
B. 1920 x 1080 pixel
C. 1920 x 1920 pixel
D. 2560 x 1080 pixel
E. 2560 x 2560 pixel

76. Apa tombol pada keyboard yang beujuan merubah ukuran objek atau gambar menjadi lebih kecil atau besar?  
A. R
B. T
C. S
D. P
E. O

77. Apa tombol pada keyboard yang bertujuan memutar objek atau gambar menjadi miring kanan atau kiri atau ke bawah?  
A. R
B. T
C. S
D. P
E. O

78. Apa tombol pada keyboard yang beujuan memindahkan posisi dari objek atau gambar?  
A. R
B. T
C. S
D. P
E. O

79. Apa tombol pada keyboard yang bertujuan membuat objek menjadi transaparan?  
A. R
B. T
C. S
D. P
E. O

80. Untuk menggerakan atau mengubah objek tinggal membuat minimal dua buah keyframe pada ....................  
A. Effect Control
B. Timeline
C. Precomp
D. Composition
E. Rendering

81. Untuk merender composition supaya menjadi sebuah video atau di- encode tinggal memijat dua buah tombol yaitu CTRL dan .....  
A. A
B. C
C. N
D. M
E. E

82. Aplikasi apa yang umum digunakan untuk membuat motion graphic?  
A. Adobe Photoshop, Premier, dan Illustrator
B. Adobe Photoshop, Indesign, dan Illustrator
C. Adobe Photoshop, After Effects, dan Illustrator
D. Adobe Photoshop, Illustrator, dan Animate 
E. Adobe Photoshop, Illustrator, dan Adobe Flash

83. Proses tracing atau menjiplak sketsa bisa menggunakan aplikasi ....  
A. Adobe Photoshop atau Premier
B. Adobe Indesign atau Illustrator
C. Adobe After Effects atau Indesign
D. Adobe Illustrator atau Premier
E. Adobe Illustrator atau Photoshop

84. Untuk menjiplak atau tracing gambar kalau ingin dengan satu tools saja sebaiknya menggunakan tool ....  
A. Text Tool
B. Gradient Tool
C. Bucket Tool
D. Pen Tool
E. Elips Tool

85. Setelah tracing gambar selesai dengan Adobe Illustrator supaya terbaca layernya masih terpisah maka di-save menjadi jenis file .....  
A. TIFF
B. JPEG
C. PNG
D. PSD
E. AI

86. Setelah tracing gambar selesai dengan Adobe Photoshop supaya terbaca layernya masih terpisah maka di-save menjadi jenis file .....  
A. TIFF
B. JPEG
C. PNG
D. PSD
E. AI

87. Hasil tracing dari Photoshop ataupun Illustrator menjadi sebuah gambar atau graphic, langkah selanjutnya adalah menggerakan graphic yang disebut motion dengan menggunakan Adobe ....  
A. Animate
B. Flash
C. Indesign
D. Premier
E. After Effects

88. Adobe After Effects mempunyai logo atau ikon sebagai singkatan dari nama aplikasinya yaitu ......  
A. AP
B. FL
C. CDR
D. AE
E. ID

89. Ketika membuka Adobe After Effects, setelah membuat New Projects, langkah selanjutnya adalah membuat New ......  
A. Sequence
B. File
C. Document
D. Composition
E. Pre Composition

90. Untuk memasukan file gambar atau graphic yang sudah di-tracing, langkah selanjutnya adalah melakukan ............ file gambar tersebut.  
A. export
B. open
C. save
D. import
E. save as

91. Setelah menggerakan graphic atau gambar ataupun tulisan dan efek yang dibutuhkan dengan cara merubah skala, posisi, merotasi, memindahkan titik anchor, maupun membuat pergerakan transparansi sehingga menjadi sebuah karya motion graphic yang menarik. Langkas selanjutnya adalah me-render, setingan render bisa dengan mengklik bagian LOOSLESS, untuk menjadikan videonya berformat MP4 makan encodenya tinggal memilih setingan ............. 
A. Quick Time
B AVI
C H.264
D. AVC
E. H.564

92. Graphic yang dibuat dengan Adobe Photoshop atau Illustrator disebut?  
A. Esat
B. Esay
C. Asat
D. Aset
E. Asal

93. Kalau di perusahaan besar, pembuat aset akan bertugas hanya membuat aset. Sementara seorang ................ graphic artist bertugas menganimasi aset saja.  
A. Desainer
B. Visual
C. Motion
D. Desain
E. Animator

94. Untuk bisa menggerakan sebuah graphic dengan Adobe After Effect minimal membuat ........... keyframe. 
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
E. lima

95. Supaya hasil gerakannya lebih halus maka semua keyframe harus dijadikan atau diberikan ........ Ease. 
A. Hard
B. Still
C. Animate
D. Easy
E. Soft

96. Supaya gambar gedung gerakannya dari gepeng menjadi normal skala 100 %. Selain memindahkan titik anchor ke bagian bawah gedung, yang digerakan adalah .................. layer gedung.  
A. Scala
B. Rotate
C. Opacity
D. Anchor
E. Position

97. Supaya gambar kincir berputar, yang digerakan adalah .................. layer kincir.  
A. Scala
B. Rotate
C. Opacity
D. Anchor
E. Position

98. Supaya jendela gedung seperti lampunya dari padam menjadi menyala, maka yang dianimasikan adalah .................. layer jendela.  
A. Scala
B. Rotate 
C. Opacity
D. Anchor
E. Position

99. Supaya gedung depan bergerak dari sisi kiri ke tengah dan gedung depan bergerak dari sisi kanan ke tengah juga secara bersamaan, maka yang dianimasikan adalah .................. dua layer gedung depan dan belakang.  
A. Scala
B. Rotate
C. Opacity
D. Anchor
E. Position

100. Ketika ada Kelas Industri maka seharusnya peserta ........  
A. datang telat
B. banyak izin
C. tidak datang
D. menunjukan kemampuan
E. menguap terus

101. Untuk merender motion graphic pada after effects supaya hasilnya MP4 maka setingan encodenya adalah .....  
A. H. 265
B. H. 234
C. H. 264
D. H. 246
E. H. 456

102. Motion Graphic adalah dasar dari penggunaan Adobe After Effects, yang tentu saja didahului oleh profesi seorang ilustrator atau ....................
A. Desainer Grafis
B. Visualizer
C. Sutradara
D. Animator
E. Dubber

103. Untuk membuat aset dengan menggunakan Adobe Ilustrator, Adobe ................, atau software lainnya misalnya yang membuat aset 3D  
A. After Effects
B. Premier
C. Photoshop
D. Indesign
E. Media Encoder

104. Setelah menguasai motion graphic, bisa mencoba membuat animasi dengan teknik menggunakan ............ Puppet. Tools ini juga terbilang mudah dalam menggunakan dan otomatis membuat keyframe sendiri tanpa perlu membuat keyframe terlebih dahulu.  
A. Shape
B. Text
C. Elips
D. Pin
E. Path

105. Umumnya puppet atau karakter atau IP atau aset yang dibuat biasanya tanpa .............. Karena rentan terlihat menekuk atau melipat. Kecuali dengan teknik banyak layer, dipotong per ruas dari puppetnya.  
A. kotak
B. segitiga
C. lingkaran
D. poligon
E. garis

106. Teknik paling rumit tentu saja menjadi profesi VFX Artist atau seniman ............... efek.  
A. Text
B. Audio 
C. Suara
D. Visual 
E. Musik

107. Kenapa rumit? Karena sudah memainkan banyak efek yang halus... Dan sering menggunakan software 3D dan juga setingan ........... pada After Effects. Tentu saja selain rumit, kinerja komputer juga berat  
A. 1D
B. 2D
C. 3D
D. 4D
E. 5D

108. Untuk membuat VFX membutuhkan RAM besar pada komputer minimum 16 GB, rekomendasinya ............  
A. 4 GB
B. 8 GB
C. 16 GB
D. 32 GB
E. 64 GB

109. Memory pakai SSD, dan juga setingan After Effect terutama pas rendering keinerjanya ke hardware atau dua-duanya hardware dan software atau disebut ....  
A. CUDI
B. CODI
C. CUDE
D. CUDA
E. CIDA

110. Setingan After Efect terutama pas rendering keinerjanya ke hardware atau dua-duanya hardware dan software. Karena kalau mengandalkan rendering dengan aplikasinya, maka akan ............. prosesnya.  
A. cepat
B. ringan
C. mudah
D. lama
E. low

111. IP adalah singkatan dari ........... Property  
A. Intelegencia
B. International
C. Intelectual
D. Intermeso
E. Interior

112. Berkembangnya teknologi membuat pembuatan animasi 2D tidak perlu lagi menggunakan media Celuloid atau gambar, tetapi sudah menggunakan media digital dengan perangkat komputer. Pembuatan film animasi 2D didasari dengan berbagai teknik, sepei teknik frame-by- frame, shape tweening, motion tweening, ................. dan motion guide  
A. path
B. masking
C. bone
D. rigging
R. graphic

113. Puppet pin rigging adalah sebuah alat yang digunakan untuk memberi gerakan, .................. dan sendi pada sebuah gambar raster atau gambar vektor. 
A. lipatan
B. lekukan
C. pahatan
D. tarikan
E. penekanan

114. Puppet pin adalah sebuah tool (alat) yang terdapat pada software Adobe ..................... untuk membuat atau menambah titik poin seperti "Pin" pada objek, dimana ketika salah satu pin digerakan, maka pin yang lain akan mengunci gerakan tersebut. Proses penguncian ini bisa dilakukan pada objek apapun seperti Raster Image, Vektor Image, atau objek yang ada pada Software tersebut  
A. Ilustrator
B. Photoshop
C. Premier
D. After Effect
E. Flash

115. Puppet Overlap Tool : digunakan untuk menempatkan Pin Overlap, ketika menunjukkan bagian yang mana dari sebuah gambar harusnya kelihatan di ............. dari yang lainnya ketika lengkungan menyebabkan bagian dari gambar teumpuk satu dengan yang lain.  
A. belakang
B. bawah
C. kiri
D. kanan
E. depan

116. Pada teknik frame by ................, semakin banyak jumlah gambar karakter / frame maka akan semakin halus, namun akan semakin lama pembuatan karakter dengan frame yang banyak.  
A. second
B. shot
C, picture
D. frame
E. pin

117. Dengan satu desain karakter yang dibuat terpisah bagian tubuhnya, dapat membuat beberapa jenis pergerakan lain. Penggunaan teknik puppet pin dapat memperhalus pergerakan karakter, karena jumlah fps atau frame per second sebanyak jumlah fps dari komposisi yang dibuat karena bergantung pada .................. yang ada pada after effect.
A. durasi
B. compositing
C. keyframe
D. sequence
E. pre comp

118. Penggunaan rigging dengan puppet pin lebih mudah diaplikasikan karena tools tersebut sudah terdapat di dalam adobe After Efect tanpa harus menginstal ........... lain seperti "Du-ik" sebagai media rigging.
A. template
B. plug-in
C. brush
D. aplikasi
E. software

119. Penggunaan teknik puppet pin juga memiliki beberapa kekurangan yaitu, ketika objek sudah diberi pin dan dibuat melengkung maka lengkungan objek tersebut sulit untuk dibuat lengkungan yang tegas atau .............  
A. lentur
B. tumpul
C. tajam
D. luwes
E. lemah

120. Penggunaan teknik ini juga memiliki kekurangan dalam pergerakan karakter yang sudah memiliki pergerakan yang kompleks seperti berputar, ............., dan merubah bentuk objek secara signikan.  
A. berskala
B. berubah opasiti
C. berotasi
D. berpindah posisi
E. memindahkan titik anchor

121. Desain karakter pada teknik puppet pin dengan cara memisahkan bagian tubuh karakter ke dalam .............. yang berbeda.  
A. file
B. folder
C. pre comp
D. isolasi
E. layer

122. Setelah membuat PROJECT, langkah selanjutnya untuk editing video dengan Adobe Premier yaitu pilih New .... 
A. Composition
B. Document
C. Stage
D. Scene
E. Sequence

123. Selain dengan cara memilih FILE terus pilih ....., bisa juga dengan menarik atau DRAG le ke dalam Project.  
A. Export
B. Import
C. Print
D. Save
E. Save As

124. File video pada timeline Adobe Premier berada di ......................  
A. kiri
B. kanan
C. atas
D. bawah
E. tengah

125. File audio pada timeline Adobe Premier berada di ......................  
A. kiri
B. kanan
C. atas
D. bawah
E. tengah

126. Untuk membuat Lower Third pada Adobe Premier bisa dengan cara memilih .....  
A. Help
B. Window
C. Title
D. Sequence
E. Clip

127. Paling aman ketika editing video untuk mengambil musik yang bebas digunakan sebaiknya mengambil di .......  
A. Channel musisi
B. Audio Library Youtube Studio
C. Website yang berisi musik
D. Dari DVD musik yang ada di rumah
E. Merekam musisi manggung

128. Supaya cepat memilih lagu sedih pada Audio Library Youtube Studio tinggal mencari di bagian .....   
A/ Track Title
B. Genre
C. Mood
D. Artist Name
E. Duration

129. Supaya cepat memilih jenis lagu pop pada Audio Library Youtube Studio tinggal mencari di bagian....
A. Track Title
B. Genre
C. Mood
D. Artist Name
E. Duration

130. Supaya cepat memilih jenis lagu berdasarkan tema pada Audio Library Youtube Studio tinggal mencari di bagian .....  
A. Track Title
B. Genre
C. Mood
D. Artist Name
E. Duration

131. Mana pilihan yang berdasarkan mood pada Audio Library Youtube Studio ..... 
A. Ambient
B. Cinematic
C. Country & Folk
D. Romantic
E. Dance & Electronic

132. Untuk membuat digital painting misal untuk anime, biasanya untuk pembuatan background-nya menggunakan Adobe ......  
A. Illustrator
B. Flash
C. Animate
D. After Effect
E. Photoshop

133. Dalam sebuah background ada tiga layer supaya gambar tokoh karakter seperti berada di dalam atau diantara latarnya. Diantaranya ada ....  
A. foreground, background, dan headroom
B. headroom, background, dan middleground
C. middleground, headroom, dan foreground
D. background, middleground, dan foreground
E. lowground, middleground, dan foreground

134. Untuk gambar latar pegunungan tetap ada unsur prespektifnya, contohnya ....  
A. semakin jauh warna semakin muda
B. semakin jauh warna semakin gelap
C. semakin jauh pohon semakin digambar kecil
D. semakin jauh pohon semakin digambar besar
E. semakin jauh pohon semakin digambar transparan

135. Jejak langkah pembuatan background dengan Adobe Photoshop bisa dilihat melalui ....  
A. layer
B. history
C. window
D. photoshop help
E. quick action

136. Untuk mengatur pohon mana yang berada di depan dan mana yang berada di belakang pada Adobe Photoshop bisa diatur melalui ....  
A. layer
B. history
C. window
D. photoshop help
E. quick action

137. Untuk membuat digital painting tools yang dipakai pada Adobe Photoshop yaitu ......  
A. Paint Bucket
B. Path
C. Brush
D. Shape
E. Gradient

138. Untuk membuat gradasi, tools yang dipakai pada Adobe Photoshop yaitu ......  
A. Paint Bucket
B. Path
C. Brush
D. Shape
E. Gradient
139. Untuk membuat kotak atau lingkaran berwarna yang tersedia, tools yang dipakai pada Adobe Photoshop yaitu ......  
A. Paint Bucket
B. Path
C. Brush
D. Shape
E. Gradient

140. Untuk membuat gambar yang langsung berisi warna dan garis seperti membuat style vector, tools yang dipakai pada Adobe Photoshop yaitu ......  
A. Paint Bucket
B. Path
C. Brush
D. Shape
E. Gradient

141. Untuk mengguyurkan warna pada bidang baik yang sudah diseleksi atau di dalam bidang bergaris, tools yang dipakai pada Adobe Photoshop yaitu ...... 
A. Paint Bucket
B. Path
C. Brush
D. Shape
E. Gradient

142. Untuk membuat puppet harus mempunya tampak dari berbabai arah, dari mulai tampak depan, belakang, samping, kiri dan kanan, .............................. tampak depan kiri dan kanan, dan terakhir ada yang untuk tampak belakang kiri dan kanan. 
A. setengah
B. seperdua
C. sepertiga
D. seperempat
E. seperlima

143. Apalagi supaya ketika diputar puppet terlihat persisi seperti 3 dimensi maka harus dibantu garis bantu atau guide yang berwarna ..................
A. putih
B. hitam
C. merah
D. kuning
E. biru

144. Sama seperti Corel Draw untuk Adobe .............. juga berbasis vector, tapi kelebihan warnanya lebih cerah dan garis bisa dirubah memilih beragam jenis brush jadi lebih artistik tebal tipis garisnya.  
A. Photoshop
B. Premier
C. After Effect
D. Illustrator
E. Flash

145. Untuk tools tentu saja nyaris sama dengan aplikasi editing atau desain. Perbedaannya paling di sistem layer yang seperti folder, pada AI penamaannya adalah ............................  
A. Layer
B. Folder
C. Background
D. Isolation
E. Timeline

146. Sebuah karakter atau puppet selalu dibagi berdasarkan bagian tubuh. Secara garis besar terbagi menjadi empat bagian yaitu....  
A. head, leher, pinggul, tangan, dan kaki
B. head, torso, tangan, dan kaki
C. head, mulut, tangan, dan jari-jari
D. head, perut, dada, dan kaki
E. head, torso, tangan, dan telapak

147. Dan dari empat bagian besar tadi dibagi terdiri dari bagian-bagian kecil, misalnya pada kepala terdiri dari ...................  
A. rambut, alis, mata, hidung, telinga, mulut
B. rambut, alis, telinga, mulut, kumis, kaki
C. rambut, alis, tangan, hidung, telinga, mulut
D. torso, alis, mata, hidung, telinga, mulut
E. rambut, alis, mata, hidung, telinga, kaki

148. Untuk mata terdiri dari mata berkedip, marah, kaget, sedih, melotot, senang, berkaca-kaca, dan ekspresi mata lainnya, serta ............. yang mengikuti ekspresi mata.  
A. hidung
B. mulut
C. alis
D. kumis
E. janggut

149. Untuk mulut dari mulai bentuk mulut ketika mengucapkan huruf vokal A, I, U, E, O, juga huruf lainnya misalnya M maka mulutnya akan ..................... 
A. membulat
B. menganga
C. tertutup
D. terbuka lebar
E. setengah terbuka

150. Mulut digambar setengah tebuka dan terlihat gigi ketika mengucapkan huruf ................  
A. I dan A
B. I dan E
C. I dan O
D. I dan M
E. I dan S

151. Proporsi tubuh laki-laki dan wanita tentu saja beda, dan menggambar yang benarnya harus dipelajari dengan baik. Ditambah property tepatnya handprop seperti ............................................  
A. seragam, pistol atau pedang
B. jam dinding, pistol atau pedang
C. jam tangan, pistol atau pluit
D. jam tangan, pistol atau meja
E. kursi, pistol atau pedang

152. Teknik memotong video dengan audio yang sama seperti misal, shot pertama ada suara talent 1 dan di shot ke dua masih ada suara talent 1 tetapi visualnya talent lain. Kesan yang ditimbulkan adalah bahwa yang berbicara adalah objek utama walaupun shotnya bukan dia.  
A. Contrast Cut
B. Match Cut
C. Jump Cut
D. Straight Cut
E. L cut

153. Teknik penggabungan gambar di mana shot pertama berbeda atau bertolak belakang dengan shot kedua. Digunakan untuk menunjukkan 2 peristiwa yang saling berbeda atau bertolak belakang.  
A. Contrast Cut
B. Match Cut
C. Jump Cut
D. Straight Cut
E. L cut

154. Teknik memotong suatu shot secara tiba-tiba dan menggambungkan shot lain juga secara tiba-tiba. Kesan yang ditimbulkan adalah seperti penggabungan antara shot satu dengan yang lain.  
A. Contrast Cut
B. Match Cut
C. Jump Cut
D. Straight Cut
E. L cut

155. Menyambung gambar dengan penuturan gambar dimana gambar berikutnya adalah kelanjutan dari aksi sebelumnya dalam sudut/angle yg berbeda. Kesan yang ditimbulkan adalah lebih menyinambungkan antara shot satu dengan shot selanjutnya, agar ada varian gambar agar tidak monoton.  
A. Contrast Cut
B. Match Cut
C. Jump Cut
D. Straight Cut
E. L cut

156. Pemotongan gambar yang dilakukan pada saat aksi sedang berlangsung dalam ruang yang sama sehingga timbul kesan melompat dlm waktu yg berbeda. Hal tersebut dilakukan utk menimbulkan getaran psikologis pada penonton. Suatu pergantian shot dimana kesinambungan waktunya terputus karena loncatan dari satu shot ke shot berikutnya yang berbeda waktunya.Kesan yang ditimbulkan adalah untuk menyingkat durasi. Mengurangi beberapa durasimenjadi satu tampilan.  
A. Contrast Cut
B. Match Cut
C. Jump Cut
D. Straight Cut
E. L cut

157. Mengubah satu bentuk menjadi bentuk yang lain. Morphing memperlihatkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus dari bentuk peama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain. Dalam Adobe Flash animasi jenis ini dilakukan dengan teknik tweening shape.  
A. Fade
B. Dissolve
C. Wipe
D. Morph
E. Zoom

158. Transisi dengan cara mengganti shot satu dengan cara digeser diikuti shot yang lain. Transisi ini biasa digunakan dalam satu adegan dengan manipulasi waktu seperti pada dissolve atau blur pan. Memiliki efek yang sedikit berbeda secara penjiwaan dengan dissolve ataupun blur pan, yaitu efek riang, ceria, atau gairah untuk melakukan sesuatu.  
A. Fade
B. Dissolve
C. Wipe
D. Morph
E. Zoom

159. Menyambung dengan cara mencampur dan perlahan-lahan hilang/muncul (gradasi), pada transisi ini gambar peama perlahan hilang sebelum gambar benar-benar menghilang gambar berikutnya telah dimunculkan sehingga terdapat saat-saat terjadi pembauran diantara keduannya.  
A. Fade
B. Dissolve
C. Wipe
D. Morph
E. Zoom

160. Membuka atau menutup rangkaian secara perlahan dengan blank (biasannya hitam) hingga kemudian mencapai level gambar yang normal kembali atau sebaliknya. 
A. Fade
B. Dissolve
C. Wipe
D. Morph
E. Zoom

161. Sebenarnya banyak sekali transisi yang bisa dibuat dengan control efect pada Adobe Premier, apalagi pada After Efect. Salah satunya seakan-akan diberi efek mendekat atau membesar bisa juga menjauh atau mengecil seperti menggerakan lensa kamera, jenis transisi ini disebut....  
A. Fade
B. Dissolve
C. Wipe
D. Morph
E. Zoom

Kunci Jawaban :

5 Keterkaitan WPAP dengan Dasar Desain Grafis


WPAP atau Wedha's Pop Art Potrait sangat populer, kalau kita mencari di internet maka  banyak sekali contoh karya atau gambar dari mulai selebriti, tokoh nasional, sampai semua orang yang fotonya pernah dibuatkan karya WPAP dan ditaruh di internet akan muncul. Apalagi komunitasnya ada di mana, mana di seluruh Indonesia, di Indramayu saja ada komunitasnya. Selain diberi nama sesuai kreator pertamanya yaitu Wedha Abdul Rasyid, teknik menggambar ini muncul pertama kali dari sebuah media majalah cetak yaitu majalah anak muda yang bernama HAI. Tapi media cetak termasuk majalah banyak yang gulung tikar terkena imbas teknologi digital, tapi tetap kepopuleran WPAP ini tidak redup, dan tekniknya digunakan juga oleh seniman digital dari seluruh dunia. Kalau dikaitkan dengan mata pelajaran Dasar Deain Grafis?

Trik Membuat Ekspresi Wajah dan Gerak Mulut Animasi 2D


Sebaiknya untuk pembuatan animasi rekaman suara atau VO (Voice Over) memang harus terlebih dahulu dilakukan. Tapi beberapa kendala dengan laptop yang bukan spek multimedia, akhirnya tidak terdengar suaranya ketika diimpor pada software animasi seperti Adobe Flash. Tapi tetap terus membuat karya adalah bagian penting, seakan berlatih, termasuk dalam membuat luwes ekspresi wajah dan gerakan mulut saa proses lipsync. Bagaimana siy prosesnya?

Menggambar Puppet Atau Karakter Dengan Corel Draw

 

Di kelas X ini selain terus belajar dan berlatih membuat logo juga membuat gambar seperti puppet atau karakter juga maskot. Banyak sekali lomba logo, maskot yang bisa diikuti, tapi memang persaingannya ketat, tidak asal dalam membuat. Tapi itulah tantangan serunya. Yang penting terus berlatih supaya semakin terlatih dan semakin memahami. Saya coba buatkan tutorial Menggambar Simpel Puppet dengan Corel Draw......  

10 Langkah Komposing Animasi 2 Dimensi


Proses komposing dalam animasi yaitu menyatukan background, karakter yang bergerak, dan diberikan banyak efek supaya terlihat menyatu dan terlihat nyata dan lebih indah dengan shadow dan lighting. Jadi gak hanya berhenti dengan adobe Flash, tapi membutuhkan software komposing yaitu Adobe After Effects, karena software editing video tidak bisa menerima semua jenis file, salah satunya file SWF hasil ekspor clip dari Adobe Flash, apalagi file mentah dari Flashnya. Ada sepuluh langkah sederhana dalam proses komposing pada Animasi 2 Dimensi.... 

10 Langkah Menggambar Animasi Dengan Adobe Flash


Menggambar adalah kegiatan yang seru dan banyak manfaatnya, menuangkan ide dan imajinasi, menjadikan sebuah karya yang didokumentasikan bisa berupa file gambar yang bisa ditujukan buat klien, misal penerbit, dan orang atau perusahaan yang membutuhkan gambar. Proses menggambarnya sendiri bisa didokumentasikan menjadi sebuah video baik proses manual dengan pensil dan kertas, atau dengan digital langsung dengan komputer baik membuat kartun atau digital painting atau lukisan digital. Dan dari segi kesehatan, menggambar terbukti menyehatkan karena digunakan untuk terapi kesehatan. Malah, dengan menggambar kamu menjadi eksis, menghibur, dan membuat kejutan buat orang lain. Seabrek manfaat dan segudang usaha atau bekerja kalau kamu memang punya passion dalam menggambar membuat kamu tidak akan pernah mati gaya. Menggambar sebenarnya posesnya sederhana, yang pertama ide yang seru, membuat sketsa, proses yang menarik, dan hasil yang menakjubkan. Gimana kalau membuat gambar kartun yang dianimasikan atau bergerak? Ada sepuluh langkah, mari kita mulai....

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...