10 Soal Esay Teknik Pengolahan Audio & Video | Berkaitan Produksi Film


  1. Sebutkan lima okupasi dalam pembuatan film!

  2. Apa sajakah lima alat untuk membuat film?

  3. Sebutkan empat okupasi yang masuk ke dalam Tata Artistik dalam pembuatan layar lebar!

  4. Sebutkan tiga dimensi karakter untuk mendalami seni pemeranan!

  5. Kenapa antara pukul 07.00 hingga 11.00 dan antara pukul 14.00 hingga 16.30 adalah waktu yang baik untuk pengambilan gambar?

  6. Apa yang dimaksud dengan prinsip Three points lighting?

  7. Campuran bahan apa saja untuk membuat efek darah dalam pembuatan film?

  8. Apa tugas dari seorang produser?

  9. Berapakah durasi film pendek? Kalau durasi film panjang berapa lama?

  10. Apa saja yang harus didaftar dalam breakdown seorang penata artistik?

10 Soal Pilihan Ganda Sejarah Software Bitmap Beserta Jawabannya

Jenis file gambar terdiri dari file gambar vector dan file gambar bitmap. Software atau perangkat lunak pengolah bitmap biasanya untuk pengolah foto atau untuk membuat digital painting, seperti pewarnaan kartun, komik, dan background untuk animasi. Pada umumnya software yang dibuka untuk pengolah bitmap yaitu adobe photoshop. Tapi zaman sekarang sudah banyak aplikasi atau software open source alias gratis, misalnya GIMP. Selain bisa dikopi paste soal, dengan jawaban yang diblok warna kuning, disertai file materi PDFnya tentang Sejarah Adobe Photoshop. Saya coba membuat soal pilihan ganda di google form juga, pada semester genap tahun 2020 untuk kelas X, tepatnya mata pelajaran Dasara Desain Grafis untuk kompetensi Multimedia di SMK Teladan Kertasemaya, Indramayu. Karena dengan Google form jadi nilai atau hasilnya bisa langsung muncul, untuk KKMnya 76, jadi kalau kurang dari 80 yang bisa langsung diulang. Juga bisa diprint PDF untuk keperluan diprint. Selamat mencoba soal Sejarah Software Bitmap, tinggal klik link di bawah ini:


  1. Arti kata software adalah perangkat…

    A. Baru
    B. Lama
    C. Keras
    D. Lunak
    E. Modern
     
  2. Adobe Systems adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang animasi, video, pengembangan web, dan ...

    A. Komik
    B. Grafis
    C. Kartun
    D. Foto
    E. Storyboard
     
  3. Perusahaan ini berpusat di San Jose, California, AS dan didirikan pada tahun…

    A. 1952
    B. 1962
    C. 1972
    D. 1982
    E. 1992
     
  4. Beberapa dari produk-produknya yang terkenal dan mendunia adalah Acrobat, Flash, dan …

    A. CorelDraw
    B. Pagemaker
    C. Corelpaint
    D. Powerpoint
    E. Photoshop
     
  5. Nama Perusahaan Adobe berasal dari Adobe Creek di Los Altos , California, yang berupa …

    A. Kolam
    B. Pantai
    C. Sumur
    D. Danau
    E. Sungai
     
  6. Adobe didirikan oleh Charles Geschke dan …..

    A. John Travolta
    B. John Warnock
    C.  John Lenon
    D.  John Warlock
    E.  John White
     
  7. Logo perusahaan Adobe ini hasil rancangan Marva Warnock, seorang …

    A. Desainer interior
    B. Desainer produk
    C. Desainer fashiom
    D. Desainer grafis
    E. Desainer tekstil
     
  8. Adobe Illustrator , sebuah program gambar berbasis …

    A. Vector
    B. Bitmap
    C. Foto
    D. Video
    E. Pixel
     
  9. File versi terbaru dari Photoshop yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB yaitu …

    A. PDD
    B. PSD
    C. PSB
    D. PDS
    E. PBS
     
  10. Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan … 

    A. Aperture
    B. Shutter Speed
    C. Cahaya
    D. Fokus
    E. Bokeh

10 Soal Pilihan Ganda Sejarah Software Bitmap (Google Form)

Silabus Animasi 2D Super Simpel




Di saat pandemi untuk mengajar Animasi Dua Dimensi selain jamnya berkurang, kendala prakteknya menjadi masalah utama. Maka saya mencoba menyederhanakan silabusnya di tahun pelajaran 2020/2021 ini. Selain membuat kelompok terlebih dahulu, juga prosesnya mengikuti produksi film kartun. Mulai dari pembuatan cerita (naskah), yang bisa langsung diwujudkan ke dalam storyboard. Setelah storyboard jadi, langsung dibuat rekaman suara (dubbing) atau voice over (VO). Sementara untuk karakter sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh guru, supaya memangkas waktu. Karakternya disiapkan dari channel Animasi saya di: CARTOONIM

Background juga tidak wajib digambar, bisa berupa video yang penting sudah sesuai storyboard. Karena kompentensi multimedia, dengan waktu terbatas di masa pandemi, keahlian saya fokuskan dalam menggerakan puppet dan dalam proses composing sampai editing. Ou, iya di SMK Teladan Kertasemaya, Indramayu kebetulan untuk animasi dibagi dua guru secara terpisah, antara animasi 2D dan 3D. File silabus simpel Animasi 2 Dimensi silahkan diunduh di:

SILABUS SIMPLE ANIMASI 2 DIMENSI

Cara Sukses Join dan Mengerjakan Tugas Google Classrom dengan Hape




Selain cara standar join, akan ditambahkan cara mengerjakan tugas dari guru agar mudah dan dapat nilai maksimal. Langkah standarnya:

  1. Buka playstore
  2. Pilih cari aplikasi 
  3. google classroom
  4. Instal apk Google Classroom
  5. Buka apk google classroom
  6. Pilih tombol get started
  7. Pilih tombol atau icon tanda +
  8. Pilih join class

Ada sekitar 32 langkah dari gabung ke classroom sampai mengerjakan tugasnya, yang pertama adalah membuka internetmu, dan jangan lupa sign in pada alamat gmailmu, karena gmail adalah produk dari google.Jadi tidak harus install aplikasinya, bisa saja langsung buka browsernya.

Empat Produksi Film Diuji Oleh Salman Film Academy Dalam USK Multimedia 2020

Lulusan Kompetensi Multimedia Angkatan Kedua Yang Ikut Uji Sertifikasi Kompetensi denag Salman Film Bandung

Deg-degan, takut diremedial, apakah ujikom atau tidak, kapan shootingnya, LSP atau Dudi? Campur aduknya perasaan peserta Uji Sertifikasi Kompetensi Multimedia di tahun ajaran 2019/2020 juga panitianya. Alhamdulillah, semuanya bisa dilalui dengan baik dan lulus 100% dengan nilai tertinggi rata-rata 92 yang diraih Dzikry Nurdini R, dan mendapat nilai total 444 dari penguji eksternal, pak Iqbal Alfajri, S.Sn, M.Ds dari Salman Film Academy Bandung sutradara film layar lebar Iqro 1 dan 2.

Sepuluh Fakta PKL Multimedia

Editing ketika prakerin / pkl / magang Multimedia

  1. Bekerjalah di tempat PKLmu dengan rajin dan sigap, itu akan akan memberi kesan yang baik sampai tahun berikutnya... Kamu dikenang si Boss dengan baik, dan adik kelasmu bakal diterima langsung dengan senyuman.
  2. PKL jangan disamakan dengan tempat sekolahmu... Beda aturannya, pahami dan pelajari. Jangan takut, berani mencoba, tapi sebaiknya bicara dulu atau izin untuk membantu...
  3. PKL Multimedia adalah bidang jasa, bukan perdagangan... Aktif dan rajin, jadi hindari nongkrong doang ya. Walaupun tidak mendesain, atau finishing dan proses lainnya, semua itu penting bagi usaha tempat PKLmu.
  4. Berlaku seperti pegawai walau kamu cuma magang, walau tidak dibayar... Karena kamu butuh ilmu dan pengalaman supaya cepat kerja! Syukur-syukur kamu sudah betah dan ingin kerja di tempat PKLmu dulu, bisa lebih mudah. Insya Allah...
  5. Tidur jangan larut, bangun pagi segera sarapan, dan datang tepat waktu di tempat PKL. Minimal bawa sarapanmu ke tempat PKL, apalagi kalau tempat PKLmu lagi sangat sibuk, dan kamu menghilang gara-gara nyari sarapan. Bisa-bisa kena marah!
  6. Kamu harus peka, kalau boss tempat PKLmu tidak suka, maka kamu segera perbaiki diri! Jangan sampai kamu cuek, nanti diberhentikan. Bisa gawat, kan? Apalagi kamu nyari ganti tempat PKLmu gak jauh, ya bisa ketahuan deh masalah sebelumnya di tempat PKLmu. Semua tempat PKL tentunya tidak mau anak PKLnya yang bermasalah... Harus sopan, dan tahu etika.
  7. Jangan izin dengan karyawan, izinlah kepada pemilik tempat kerja (Boss). Karena yang punya kuasa adalah pemilik atau pemimpin tempat PKLmu. Dunia kerja lebih “kejam” daripada sekolah.
  8. Jangan bikin alasan aneh karena rasa malasmu, apalagi dilakukan secara bersama dengan teman di tempat PKL. Itu tindakan bodoh... Pimpinan, apalagi di tempat PKLmu pasti pintar dong, buktinya bisa bikin tempat usaha. Bikin tempat usaha itu tidak mudah!
  9. Jangan berani mengajukan temanmu pindah dari tempat PKL lain ke tempat PKLmu... Apalagi kerjamu ternyata enggak bagus-bagus amat... Apalagi temanmu bermasalah di temapt PKL sebelumnya, gahwat tuh... Bahaya... Walau itu teman sekelasmu, atau teman baikmu... Jangan lakukan, kalau tidak ingin jadi bumerang bagi kamu sendiri.
  10. Aturan 15 menit sebelum waktu sholat kamu ke masjid, ikutilah itu aturan terbaik di tempat PKLmu! Keren kan kalau kamu kerja di kantor yang pas jam sholat kantornya tutup, semua karyawan fokus ibadah! Itu tempat kerja idaman loh...

Panduan Membuat Laporan PKL Multimedia

Tugas ketika PKL di koperasi Ganesha CMIK

  1. Cover : LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI NAMA PERUSAHAAN, ALAMAT, Disusun Oleh : Nama, NIS, Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika, Bidang Keahlian: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kompetensi Keahlian : Multimedia, SMK TELADAN KERTASEMAYA Jl. by Pass Kertasemaya 47, Kec. Kertasmeaya Kab. Indramayu (diberi logo Multimedia & logo SMK Teladan Kertasemaya)
  2. Identitas Peserta Didik: Nama : , No. induk siswa : , Kelas : XI MM ..., Tempat/tanggal lahir : ... , Bidang keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kompetensi Keahlian : Multimedia, Alamat siswa :
  3. Data Tempat PKL : TEMPAT PRAKERIN : ..., ALAMAT PRAKERIN : ..., MOTTO/VISI-MISI : ... , NAMA PIMPINAN : ..., NAMA PEMBIMBING INDUSTRI: ... , NAMA GURU PEMBIMBING : ...
  4. Lembar Pengesahan : Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di …………………… telah di sahkan pada : Hari :..................................................... Tanggal :.................................................... Oleh :
    Pembimbing Sekolah (........................................) Pembimbing Perusahaan (........................................)
    Mengetahui,
    Pimpinan Perusahaan (........................................) Kepala SMK Teladan Kertasemaya (........................................)
  5. Kata Pengantar: Ucapan Syukur, Ucapan Terima Kasih, Permintaan Saran dan Kritik, Tanggal & Nama Penyusun.
  6. Daftar Isi:
  7. Bab I Pendahuluan: LATAR BELAKANG MASALAH, TUJUAN PRAKERIN, MANFAAT PRAKERIN, & TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN
  8. Bab II Isi: SEJARAH PERUSAHAAN, VISI & MISI PERUSAHAAN, ASPEK MULTIMEDIA, PRODUK & JASA, STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN, SISTEM OPERASIONAL KERJA
  9. Bab III Pelaksanaan Prakerin: WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN, TEMPAT, & PELAKSANAAN PRAKERIN
  10. Bab IV Penutup: KESIMPULAN DAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA
  11. Lampiran: FOTO-FOTO proses atau alur kerja bersama pegawai, PRINT KARYA YANG DIHASILKAN seperti desain, sketsa, contoh cetak, dan lain-lain
Diprint di kertas A4Dijilid warna hijau muda

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...