Sepuluh Fakta PKL Multimedia

Editing ketika prakerin / pkl / magang Multimedia

  1. Bekerjalah di tempat PKLmu dengan rajin dan sigap, itu akan akan memberi kesan yang baik sampai tahun berikutnya... Kamu dikenang si Boss dengan baik, dan adik kelasmu bakal diterima langsung dengan senyuman.
  2. PKL jangan disamakan dengan tempat sekolahmu... Beda aturannya, pahami dan pelajari. Jangan takut, berani mencoba, tapi sebaiknya bicara dulu atau izin untuk membantu...
  3. PKL Multimedia adalah bidang jasa, bukan perdagangan... Aktif dan rajin, jadi hindari nongkrong doang ya. Walaupun tidak mendesain, atau finishing dan proses lainnya, semua itu penting bagi usaha tempat PKLmu.
  4. Berlaku seperti pegawai walau kamu cuma magang, walau tidak dibayar... Karena kamu butuh ilmu dan pengalaman supaya cepat kerja! Syukur-syukur kamu sudah betah dan ingin kerja di tempat PKLmu dulu, bisa lebih mudah. Insya Allah...
  5. Tidur jangan larut, bangun pagi segera sarapan, dan datang tepat waktu di tempat PKL. Minimal bawa sarapanmu ke tempat PKL, apalagi kalau tempat PKLmu lagi sangat sibuk, dan kamu menghilang gara-gara nyari sarapan. Bisa-bisa kena marah!
  6. Kamu harus peka, kalau boss tempat PKLmu tidak suka, maka kamu segera perbaiki diri! Jangan sampai kamu cuek, nanti diberhentikan. Bisa gawat, kan? Apalagi kamu nyari ganti tempat PKLmu gak jauh, ya bisa ketahuan deh masalah sebelumnya di tempat PKLmu. Semua tempat PKL tentunya tidak mau anak PKLnya yang bermasalah... Harus sopan, dan tahu etika.
  7. Jangan izin dengan karyawan, izinlah kepada pemilik tempat kerja (Boss). Karena yang punya kuasa adalah pemilik atau pemimpin tempat PKLmu. Dunia kerja lebih “kejam” daripada sekolah.
  8. Jangan bikin alasan aneh karena rasa malasmu, apalagi dilakukan secara bersama dengan teman di tempat PKL. Itu tindakan bodoh... Pimpinan, apalagi di tempat PKLmu pasti pintar dong, buktinya bisa bikin tempat usaha. Bikin tempat usaha itu tidak mudah!
  9. Jangan berani mengajukan temanmu pindah dari tempat PKL lain ke tempat PKLmu... Apalagi kerjamu ternyata enggak bagus-bagus amat... Apalagi temanmu bermasalah di temapt PKL sebelumnya, gahwat tuh... Bahaya... Walau itu teman sekelasmu, atau teman baikmu... Jangan lakukan, kalau tidak ingin jadi bumerang bagi kamu sendiri.
  10. Aturan 15 menit sebelum waktu sholat kamu ke masjid, ikutilah itu aturan terbaik di tempat PKLmu! Keren kan kalau kamu kerja di kantor yang pas jam sholat kantornya tutup, semua karyawan fokus ibadah! Itu tempat kerja idaman loh...

Panduan Membuat Laporan PKL Multimedia

Tugas ketika PKL di koperasi Ganesha CMIK

  1. Cover : LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI NAMA PERUSAHAAN, ALAMAT, Disusun Oleh : Nama, NIS, Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika, Bidang Keahlian: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kompetensi Keahlian : Multimedia, SMK TELADAN KERTASEMAYA Jl. by Pass Kertasemaya 47, Kec. Kertasmeaya Kab. Indramayu (diberi logo Multimedia & logo SMK Teladan Kertasemaya)
  2. Identitas Peserta Didik: Nama : , No. induk siswa : , Kelas : XI MM ..., Tempat/tanggal lahir : ... , Bidang keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kompetensi Keahlian : Multimedia, Alamat siswa :
  3. Data Tempat PKL : TEMPAT PRAKERIN : ..., ALAMAT PRAKERIN : ..., MOTTO/VISI-MISI : ... , NAMA PIMPINAN : ..., NAMA PEMBIMBING INDUSTRI: ... , NAMA GURU PEMBIMBING : ...
  4. Lembar Pengesahan : Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di …………………… telah di sahkan pada : Hari :..................................................... Tanggal :.................................................... Oleh :
    Pembimbing Sekolah (........................................) Pembimbing Perusahaan (........................................)
    Mengetahui,
    Pimpinan Perusahaan (........................................) Kepala SMK Teladan Kertasemaya (........................................)
  5. Kata Pengantar: Ucapan Syukur, Ucapan Terima Kasih, Permintaan Saran dan Kritik, Tanggal & Nama Penyusun.
  6. Daftar Isi:
  7. Bab I Pendahuluan: LATAR BELAKANG MASALAH, TUJUAN PRAKERIN, MANFAAT PRAKERIN, & TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN
  8. Bab II Isi: SEJARAH PERUSAHAAN, VISI & MISI PERUSAHAAN, ASPEK MULTIMEDIA, PRODUK & JASA, STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN, SISTEM OPERASIONAL KERJA
  9. Bab III Pelaksanaan Prakerin: WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN, TEMPAT, & PELAKSANAAN PRAKERIN
  10. Bab IV Penutup: KESIMPULAN DAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA
  11. Lampiran: FOTO-FOTO proses atau alur kerja bersama pegawai, PRINT KARYA YANG DIHASILKAN seperti desain, sketsa, contoh cetak, dan lain-lain
Diprint di kertas A4Dijilid warna hijau muda

Lima Cara Mengatasi Susah Mewarnai Adobe Flash | Tutorial Animasi 2D



Bagi yang awal menggunakan software adobe flash pasti akan mengalami beberapa kendala dalam mewarnai gambar animasinya. Saya sebagai seorang pengajar di Multimedia SMK Teladan Kertasemaya, dan mengajar mata pelajaran Animasi pastinya sudah mengalami, kebetulan saya juga terus berkarya animasi 2D dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash untuk channel saya CARTOONIM, Kartunnya Indramayu. Inilah beberapa cara mengatasi kesulitan dalam mewarnai gambar dalam Adobe Flash...

Sepuluh Soal Tata Kamera Beserta Jawabannya Untuk SMK Multimedia


1.Peralatan dan perlengkapan departemen
 kamera harus disimpan dengan rapi dan
 dijauhkan dari segala sesuatu yang
 membahayakan seperti ...
     A.api atau makanan
     B.handphone atau air
     C.air atau api
     D.handphone atau tripod
     E.kamera atau handphone

Sepuluh Soal Esay Dasar Desain Grafis Kelas X Multimedia 2019


  1. Sebutkan kepanjangan dari CMYK?
  2. Apa yang terjadi pada hasil cetakannya kalau warna pada mesin printer kehabisan warna K-nya?
  3. Warna apa sajakah yang termasuk ke dalam warna pokok atau warna primer?
  4. Ketika warna merah dicampur dengan warna biru, maka hasilnya adalah warna ……………
  5. Kenapa RGB merupakan warna cahaya?
  6. Ketika memotret dengan DSLR, maka foto yang dihasilkan pada umumnya berjenis file …………
  7. Apa bedanya antara file PNG dengan file JPEG?
  8. Bagaimana cara memindahkan gambar sketsa menjadi file ke dalam komputer?
  9. Apa nama software untuk membuat sebuah karya desain grafis berbasis vector?
  10. Apa perbedaan teknik TRIM dan WELD ketika membuat sebuah logo atau gambar dengan aplikasi vector?

Lomba Desain Mug MULTIMEDIA TEXAZ



Lomba Desain Mug MULTIMEDIA TEXAZ


Peserta : Anak Multimedia SMK Teladan Kertasemaya

Tema : Multimedia SMK Teladan Kertasemaya

File : 20 x 8 cm, JPEG, 300 DPI
Kirim : textpict@gmail.com atau WA: 08179894781
Hadiah : Tiga Pemenang mendapatkan mug dengan desain karyanya,
Sertifikat, dan menjadi kandidat untuk lomba LKS
Deadline : 20 April 2018 Pukul 12:00 WIB
Pengumuman di TexazMagz (Mading), Senin, 23 April 2018

50 Soal PAT Desain Grafis Percetakan

  SOAL PAT SMK TELADAN KERTASEMAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Nama Guru                     : Ahmad Zeni, S.Sn Mata Pelajaran    ...