Apa Arti Logo Teater 47? Dan Impian Menjadi Pin!


Setelah beberapa kali berganti logo, akhirnya ekskul seni mulai mendapatkan logo yang pas, sesuai dengan perubahan seni pilihannya yaitu teater. Apalagi saya lagi suka dengan warna emas yang melambangkan kemewahan... Apa lagi ya? Penasaran? Okelah saya coba bedah satu-persatu artinya...



Dari nama dulu... Teater tentu saja cabang seni yang mempunyai ciri punya lakon cerita atau penokohan. Teater menurut saya adalah seni terlengkap, karena semua cabang seni kadang secara lengkap menjadi unsur pelengkapnya. Ditambah hadirnya kompetensi multimedia di SMK Teladan Kertasemaya, menambah pas kehadirannya. Terus kalau 47?

Nah, kalau 47 itu ya tentunya mengambil nomor alamat dari SMK Teladan yang berada di Jl. By Pass Kertasemaya no 47, Indramayu... Kebetulan angka ini belum ada yang memakai sebagai nama ekskul di sekolah. Terus kenapa ada simbol atau ikon topeng putih?

Teater secara umum memang diwakili oleh simbol topeng, selain sebagai properti juga karakter tokoh dari wajah adalah unsur utama dalam teater. Dan banyaknya topeng properti masih dalam warna yang polos... Dan tentunya dengan beragam ekspresi. Tapi kenapa memilih ekspresi tertawa? Tertawa adalah simbol hiburan, begitu juga harapan untuk seluruh anggota teaternya bisa bahagia dan seru-seruan dalam berkegiatan di ekskul teater. Kalau untuk mata merem atau memejamkan mata, ibaratnya semua pemeran, pemain, kru, dan semua yang mendukung punya imajinasi yang indah untuk berekspresi atau mewujudkan sebuah karya teater yang indah, seru, asyik ditonton, dan tentunya menginspirasi para penonton juga orang teaternya.

Bentuk topengnya juga seperti perisai... Ini melambangkan berteater sama dengan melindungi budaya dengan cara meneruskan ragam budaya Indramayu ke dalam teater, ajaran agama Islam ke dalam cerita inspriratif, atau simbol, atau unsur seni lainnya seperti unsur seni rupa seperti batik yang muncul di kedua alis, dan hiasan di keningnya. Yah begitulah kira-kira deskripsi dari logo teater 47...


Sedikit tambahan mengenai logo ekskul sebelumnya ketika mengusung tema seni rupa adalah dengan memakai bintang dan lingkaran, yang ditambah dengan bunga di belakang dan sekitar bintang. Karena bentuk bunga yang berjajar ada di logo utama SMK Teladan Kertasemaya. Logo ini masih terasa sangat sederhana...


Bisa dinilai bahwa logo baru ekskul seni teater dengan topeng putih ekspresi tertawa ini pas dan keren untuk dibuatkan pin dengan bahan kuningan atau stainless... Tapi sayang untuk produksi pin keren ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, dari satu pengrajin pin dari Jakarta saja membandrol satu pinnya dengan diameter 3 cm dengan harga dari Rp 35.000 per pieces minimal 20 pieces, dan paling maksimal jadi Rp 17.000 per pieces dengan jumlah pemesanan minimal 200 pieces, jadi total perlu dana 3,4 juta... Hmm angka yang lumayan, kan... Gak bisa kayak pin umum yang beredar di seluruh Indonesia ya yang bisa sampai Rp 1.500,-an ya karena produksinya sangat masal sampai ribuan atau jutaan pieces mungkin... Jadi ada dua peer untuk mewujudkan pin teater dengan logo terbaru dengan warna emas yaitu menyiapkan dana, atau kembali mencari pengrajin yang tidak mahal dengan kualitas yang harus bagus tentunya.

Ok, begitulah sebuah keinginan dari banyak keinginan di penghunjung tahun 2016 untuk harapan di tahun 2017. Perkembangan harian dari kegiatan dan karya teaternya tinggal mengikuti halaman fesbuknya Ekskul Seni SMK Teladan saja. Semangart!

Comments

Popular Posts