Jalan Seru Ke Sentra Percetakan Cirebon

Bersama tumpukan cetakan kalender 
Rabu pagi tadi, 15 Februari 2017 di mana sekolah sedang libur karena ada pilkada serentak di beberapa daerah tetap terasa tidak sepi... Kenapa tuh? Karena hari ini beberapa anak Multimedia yaitu Amir Dinillah, Tedja Saputra, Faisal Ernoto, dan Nurohman bersiap ke Cirebon untuk mengambil kalender dan mug yang dicetak di sentra percetakan yang ada di jalan Kanggraksan Cirebon. Tentunya ditemani pak Ahmad Amin dan bapake, juga pak Ipin sebagai supir... Saya sendiri hari ini ada tugas yang lainnya yang bakal diceritakan besok lagi deh... Insya Allah. Kembali ke perjalanan mengenal dunia percetakan yang akan saya ceritakan berdasar beberapa dokuemntasi foto dari Faisal Ernoto lewat jejaraing sosial selama dalam perjalanan...


Dari Kertasemaya menuju Cirebon
Proyek kalender dan mug ini adalah proyek pertama unit usaha kompetensi multimedia, dari awal saya mencoba melibatkan banyak siswa atau peserta didik supaya lebih mengenalnya. Maka ketika selepas ujian akhir semester ganjil selesai anak multimedia diundang untuk mengerjakan bareng di lab komputer multimedia... Sayangnya efek capek pulang berkemah dan libur panjang membuat hanya ada sedikit yang bersemangat mencoba membuat kalender SMK Teladan Kertasemaya untuk tahun 2017 ini. Proyek awal pastilah kendalanya banyak, tapi saya yakin semakin lama semua anak multimedia mahir di segala media termasuk bidang desain grafis yang diajarkan di awal semester.

Tampak depan kalender
Dan setelah desain kalender mengalami sedikitnya dua kali revisi dari ibu Khoirun Nisa, S.Si akhirnya dari tujuh lembar menjadi enam lembar saja. Dipilihlah sebuah kalender per dua bulan dalam satu halaman, dan cover dihilangkan karena tidak terlalu fungsional. Dan juga membuat merchandize berupa desain mug. Yang awalnya hitam, tapi ketika survey pertama kali banyak percetakan yang tidak bersedia atau tidak punya bahan mug hitam. Bisa jadi ini berkaitan dengan harga dan tentunya tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding produksi di atas mug putih...

Dan setelah acc atau desain disetujui, maka berangkatlah saya sebagi kaprog multimedia bersama dua siswa dari beberapa siswa yang ikut dalam proses mendesain kalender sebelumnya. Ini pengalaman meraka mengenal dunia percetakan, setelah tahu teori desain grafis. Karena di Cirebon terkenal dengan daerah rawan tawuran maka saya menyarankan untuk tidak memakai seragam sekolah, dan perjalanan pun alhamdulilah berjalan lancar dengan menaiki kopayu, kendaraan umum khas Indramayu. Sengaja menjajal beberapa percetakan untuk bahan perbandingan dan pengalaman siswa mengenai dunia cetak. Baik melihat tempat kerja, beberapa jenis mesin cetak, nego harga, dan banyak hal lainnya. Dan saya biarkan mereka berjalan-jalan, ketika harus menunggu untuk memastikan harga yang terpilih dari sebuah percetakan. Begitulah cerita singkat mengirimkan desain ke percetakan.

Mug dengan maskot Roki & Kiro, kijang robot emas
Dan kemarin dapat khabar dari percetakan bahwa kalender dan mug sudah selesai dicetak, maka hari Rabu ini saya mengutus mereka mengambilnya, yang kebetulan bersamaan dengan kepentingan belanja pak Amin dan bapake. Dengan angkot kuning, dengan kesederhanaaan karena sekali lagi yang diutamakan adalah pembelajaran bagi empat anak multimedia sebagai perwakilan yang besok akan diceritakan pengalamannya di kelas, supaya semua bersemangat belajar dan ingin kebagian dan ikut dalam proyek unit usaha multimedia. Perjalanan mereka dimulai dengan mengikuti rencana belanja pak Amin dulu, yang dilanjut dengan membawa berikat-ikat kalender yang dilapisi karung, serta mug yang diberi wadah dengan kertas duplex. Memang cocok banget kalau anak-anak multimedia selain pengalaman juga tenaga mereka sangat membantu sekali. Dan berikutnya akan siap bergantian mengerjakan proyek unit usahnya, selain tentunya terus belajar dan mencari percetakan terbaik. Karena tidak semua percetakan bagus di satu bidang... Jadi harus mencobanya... Karena desain grafis dan percetakan itu luas ilmu dan bidangnya, dan perkembangan teknologinya pun semakin pesat.

Dokumentasi foto : Faisal Ernoto X Multimedia / Ahmad Zeni, S.Sn
Alhamdulillah, satu proyek sudah selesai dikerjakan dengan baik, insya Allah karya berikutnya bisa lebih baik dan lebih keren lagi hasilnya. Karena sudah tahu kekurangan dari proyek yang sudah dilewati. Tetap semangart! FOREXIST Multimedia... Sampai jumpa dengan artikel proyek lainnya... Bye!

Comments

Popular Posts