Perkembangan Keusilan Bungkus Snek


Ciki? Snek? Atau makanan ringan tentu saja sudah dikenal… Mungkin sekitar dua puluhan tahun yang silam, sewaktu saya kecil di desa ada beberapa merek snek yang biasa dibeli. Kalau yang mahal, biasanya dibeli bapak saya dari Cirebon sebagai kota di sekitaran Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu Majalengka, dan Kuningan) sampai sekarang cemilan tersebut masih bertahan dan seringnya ada di super market atau mini market, sebuah produk dengan ciri khas gambar anak ayam. Nah, yang ada di warung-warung di desa saya sewaktu kecil dulu, itu ada snek yang paling seru …  Bukan dari desainnya siy… Lebih ke gambarnya yang asyik yaitu para pembalap sepeda BMX! Banyak pilihan adegan gambar, dan itu berupa ilustrasi bukan sebuah foto.. Jadi bisa dibilang gambarnya keren, walau wadah sneknya tidak besar. Keasyiknya ada pada kreatifitas anak-anak di desa saya yaitu memindahkan ilustrasi dari snek ke kaos. Sebuah keseruan bersama teman… Cukup dengan mengolesi gambar di bungkus sneknya dengan minyak tanah, dan tinggal di setrika saja! TADAAA!… Maka gambar aksi rider BMX pun pindah ke kaos masing-masing anak. Serulah... Bagaimana dengan kreatifitas pacakaging atau bungkus makanan ringan sekarang?


Baru pada minggu kermain saya menugaskan redesain pacakaging kepada anak-anak Multimeda SMK Teladan. Berbagai produk tidak hanya makanan ringan saja yang dipilih, dan hasil redesainnya pun asyik-asyik, walaupun ini tugas baru. Dan pada hari Sabtu kemarin sempat dipresentasikan satu persatu… Sangat baik dan menghibur, untuk presentasi awal. Untuk memperluas  pengetahuan, pengalaman baru, juga meningkatkan peluang bekerja, mungkin… Atau bisa membuat desain makanan sendiri untuk berwirausaha… Bisa jadi. Ini ada beberapa contoh redesain bagus, ada kopi, mie instant, permen, snek, dan sabun mandi karya anak Texaz Multimedia… Dan ada detil ide-ide menarik di sana selain dari segi desainnya misalnya di bungkus awalnya ada gambar kucing, kemudian di redesain dengan menghilangkan gambar kucingnya hanya dengan sedikit gambar telapak hewan saja sebagai ikon yang tidak terlalu ditonjolkan, katanya menghindari anggapan itu adalah makanan kucing. Sebuah pemikiran yang tepat menurut saya. Atau ide sayuran dalam mie instant? Wah, ide out of the box mungkin… Bisa susah diwujudkan… Atau mungkin bisa terwujud… Eh, atau sudah ada? Entahlah yang jelas ini hanya ide dari pesrta didik… Di ilustrasinya siy bukan berupa kotak-kotak kecil wortel yang bisa ditemukan di mie gelas. Dan ide seru lainnya… Selain yang presentasi, ada sesi pertanyaannya, ya maksimal dua penanya saja… Dan ternyata penanya yang mengacungkan tangan lebih banyak, dan pertanyaannya cukup kritis… Sabtu depan insya Allah dicoba lagi untuk seri presentasi kloter berikutnya… Gak hanya itu hasil redesainnya akan dijadikan bahan ujian praktek komputer, selain pilihan membuat logo, tentunya.



Dan keseruan pun bertambah! Di sebuah iklan tivi ada makanan ringan yang mengadakan kontes foto, yang mudah diikuti semua orang dengan memanfaatkan media jejaring sosial, tentunya dikaitkan dengan kreatifitas desainnya yang unik dan usil. Yang menyadarkan kita bahawa ide menarik, usil, dan keren bisa muncul di mana saja termasuk makanan ringan. Dan sekali lagi menyadarakan bahwa desainer grafis dan karyanya itu dibutuhkan di mana saja, tidak hanya di perusahan desain, media, production house, advertising… Perusahaan kertas, buku, makanan ringan, maupun bank di dalam perusahaannya ternyata ada profesi desain grafisnya. Mereka bisa menghire tenaga freelance atau konsultan, atau memilih merekrut karyawan yang khusus bertugas membuat desain grafis yang dibutuhkan perusahaan. Jadi? Terus melatih skill merancang desain baik secara manual maupun secara digital. Forexist Texaz Multimedia. Semangart! 


Comments

Popular Posts