Stempel Tanda Digelarnya Unit Usaha Multimedia

Kalau pernah nonton film aksi dengan setting klasik kadang ada prajurit atau pendekar yang membawa stempel kerajaan yang sangat besar dan mungkin berbahas besi atau emas sebagai tanda pengenal, atau tanda kekuasaan atau kekuatan sebagai pemilik stempel yang biasanya dimiliki bangsawan atau kerajaan.  Begitu pula kalau ingin membuat sebuah usaha stempel adalah hal paling penting sebagai tnda keabsahan dalam bertransaksi. Maka unit usaha dari multimedia dengan hadirnya stempel ini sebagai tanda dimulainya bergeraknya usaha... Bismillahirohmanirohim...




Bagi saya sendiri ini adalah setempel yang ketiga dibuat... Yang pertama adalah stempel studio komik, yang kedua adalah stempel toko yang keduanya adalah usaha pribadi. Sementara STUXA adalah stempel unit usaha untuk berbagi ilmu secara nyata ke para peserta didik di kompetensi multimedia di SMK Teladan Kertasemaya, Indramayu... Karena sekolah kejuruan memnag gak hanya banyak praktek dan teori, tapi juga usaha nyatanya untuk mengembangkan jiwa usaha, jiwa enterpreuneurship. Karena wirausahawan adalah pahlawan atau pejuang yang dibutuhkan oleh negara saat ini. Tentunya unit usaha juga bisa lebiha banyak manfaatnya lagi.

Selain menambah pengalaman secara nyata jauh sebelum magang atau prakerin, unit usaha yang bisa berjalan lancar dan terus bergulir usahanya bisa ibarat seperti sekolah adalah tempat magang yang nyata dengan jangka yang lebih panjang, ya selama menjadi siswa tentunya. Belajar bekerjasama dengan teman, karena akan mengerjakan bersama temen sekelas, atau seangaktan, atau malah gak hanya dengan sesama siswa bisa juga dengan guru dan lainnya. Dan mungkin saja dari unit usaha multimedia akan tercipta tim wirausaha multimedia ketika lulus dari SMK Teladan Kertasemaya.

Atau kedepannya, link dengan alumni akan terjalin dengan baik... Ada sinergi antara STUXA, studio Texaz sebagai unit usaha multimedia dengan pengusaha alumni. Maka membuat STUXA sebagai unit usaha yang menyenangkan, berbagi ilmu secara terbuka, berbagi informasi dan peluang bisa membuat semua bersemnagat berkarya, dan terus menjadi sahabat dan keluarga yang selalu terjalin dengan baik. Apalagi era multimedia sekarang ini di mana komunikasi sangatlah mudah.

Dibanding kop surat yang terdiri dari amplop dan lembar isi suratnya yang biasnya digunakan usaha yang melibatkan usaha surat menyurat yang lebih banyak, maka stempel lebih penting tentunya. Stempel digunakan sebgai tanda sahnya transaksi. Bisa di atas materai pada selembar kuitansi maupun sekedar di lembar nota saja. Kuitansi adalah sebagai tanda terima uang, semnetra nota lebih ke perincian yang lebih detil dibanding kuitansi. Transaki dari satu juta ke atas akan memerlukan materai 6000 sebagai penguat secara hukum. Dan materai 3000 untu transaksi  hanya ratusan ribu rupiah saja.



Stempel kali ini disesuaikan dengan logo kompetensi Multimedia SMK Teladan Kertasemaya yang berbentuk perisai. Hanya ditambahi keterangan unit usaha SMK Teladan Kertasemaya di sekeliling desainnya. Biar rada beda, yang pada umunya stempel itu berbentuk lingkaran atau kotak. Desainnya dibuat dengan mengunakan inkscape, sebuah softwere open source pembuat vector seperti corel draw. Cuma sayang untu di daerah tepatnya di Indramayu dan Cirebon untuk amannya memang menggunakan Corel saja, soalnya file mentahnya dari inkscape ketika dibuka di Corel maka akan bernatakan... Jadinya yang selalu disave sebagai file PDF juga, setelah itu disave sebagai PNG atau JPEG. Jadi minimal bawa tiga file untuk jaga-jaga dari error atau tidak bisa dibuka. Setidaknya kalau file vector SVG dari inkscape tidak bisa dibuka dengan bagus... file PDF atau JPG bisa jadi bahan tracing pembuat stempel utnuk membuat ulang di Corel Draw, tentunya akan kena tambahan biaya, tapi tetepa lebih murah dibanding bolak-balik naik kendaraan umum, atau malas bolak-balik mengedit sendiri. Begitulah proses pembuatan stempel unit usaha Multimedia SMK Teladan Kertasemaya ini... Bersiap untuk info kegiatan lainnya! Semangart!

Comments

Popular Posts