"STOP Minta Kemudahan" Tulisan Tujuh Menit (Tultum 02)

26 Oktober 2016
Seperti pada video ini... Walaupun banyak kata-kata kasarnya. Tapi video ini benar! Saya setuju... Aktor atau siapa pun yang ingin sukses tidak ada yang didapat dengan mudah. Saya masuk kuliah tidak mudah! Kuliah di jurusan DKV yang sekarang pakai embel-embel multimedia pasti tidak mudah juga! Kenapa? Jurusan ini terkenal banyak tugas dan peernya tiap harinya. Gak hanya di kampus di rumah pun tiap hari ada tugas berkaryanya! Diterima kerja cepat? Iya pastinya! Kenapa? Ya, karena banyak karyanya hasil tiap hari berkarya karena tugas dan peer. Di tempat kerja mudah? Tentu tidak! Selain persaingan antar karyawan supaya berprestasi terus... Jadi desainer grafis di sebuah media, misal majalah, koran, atau pun tv gak mudah. Banyak kerjaaanya! Ada deadline mingguan, dua mingguan, bulanan, dan produk dadakan yang muncul kapan saja di hari kapan saja! Dan harus siap ditelepon selam 24 jam kalau ada "trouble" atau masalah misal di pracetak atau percetakan milik perusahaan. Di tivi pastinya tiap hari deadline... Nanti tanya saja ke kru artistik TRANS7 mengenai sesulit apa siy mereka bekerja, insya Allah jadi berkunjung ke sana... Berwirausaha sambil mengajar seperti saya.. Mudah? Tentu saja tidak semudah itu... Contohnya sekarang.
Perkembangan beberapa anak Multimedia rada turun semangat belajarnya, pastinya ini juga ada bagian dari kesalahan saya. Terutama dalam beberapa minggu ini yang membiarkan yang tidak praktek "terbengkalai". Sangat bisa jadi karena ini? Maka yang sudah praktek ada yang alva (tidak masuk sekolah), dan bolos mungkin... Sebagai guru seni terapan pasti wajib kreatif! Melihat karya gambar dari kalian yang masuk, saya nilai sudah baik dalam hal meniru. Maka saya akan menaikan standar kemampuan skill kalian dalam skill manual (tangan). Dan ini bisa jadi nilai tambah untuk kalian dalam bersaing dengan sekolah lain. Jadi peralatan "tempur" menggambar atau menulis kalian setiap pelajaran Dasar-Dasar Desain Grafis, baik hari Sabtu ataupun Selasa harus selalu dibawa, yaitu? Kertas A4, Pensil, dan sepidol hitam. Jangan sampai jadi peer saya tidak mau secapek di tempat kuliah atau pun di tempat kerja. Hanya untuk mengisi waktu menunggu antrian praktik digital (komputer). Ok!
Mari terus berkarya! Karena hidup itu tidak mudah untuk sukses! Isi hidup dengan hal baik, hanya sesekali diselingi kesenangan. Karena hiburan sepanjang waktu tidak akan berkesan. Bolos dan alva itu hanya akan menyulitakan kalian dalam hal ujian dan tentunya dalam hal mencari kerja.
Sekian Tultum kedua... Sekaligus info tugas kedepannya.
Semangart!

Comments

Popular Posts