Semua Harus Berani Menulis!

Majalah Online dari SMK Teladan Kertasemaya
Seberapa penting siy menulis bagimu? Bagi saya pribadi sangat penting sekali... Dan banyak manfaatnya... Dan alhamdulillah, beberapa anak multimedia juga mempunyai blog. Diantaranya ada  blog Amir Dinilah, kumpulan puisi Tedja Saputra, dan semoga semakin banyak yang menulis.... Amin... Dari kecil, tepatnya waktu sekolah dasar sampai sekarang beberapa hasil dari menulis pernah dicicipi... Apa saja tuh? Mau tahu? Okelah, gak perlu berlama-lama...


Waktu SD, mungkin tepatnya kelas tiga ketika dalam satu kelas menulis karangan seperti daftar belanjaan ibunya, alhamdulillah saya sudah bisa menulis panjang lebar, dan hadiahnya diketawain teman sekelas karena diminta dibacakan di depan kelas, tapi pastinya dapat pujian ibu guru, sebagai contoh. Sisianya saya suka menulis dalam bentuk karya komik, dari kelas 5 SD ada karakter tokoh humor yang diberi nama Kardun, dan sampai sekarang adik saya masih ingat dengan nama tokohnya.

Karena zaman saya sekolah sampai SMA malah sampai kuliah tahun 1996 masih belum ada internet serame sekarang jadi ya bercerita kalau gak buat membuat cerita dalam bentuk komik atau gambar, paling untuk memainkan wayang atau mainan, minimal buat menghibur adik atau anak-anak kecil di sekitar rumah. Dan alhmadulillah ketika kuliah satu buku demi satu buku komik akhirnya terbit, ketika saya bergabung dengan sebuah perusahaan komik di Bandung walau kebanyakan jadi inker yang tugasnya meninta gambar supaya lebih agus dan rapih. Tapi membantu komikus menterjemahkan dari bahasa penulis yang ribet, kalau temanya serius dijadikan ke dalam bentuk stroyboard, sampai mengarang cerita sendiri melanjutkan sebuah karakter di  perusahaan komik Bandung pernah dicoba. Dan akhirnya ketika merantau di Jakarta, bisa membuat beberapa komik karya sendiri, berkolaborasi atau menyewa penulis, membuat rumah studio dengan komik yang tembus majorlabel, menjadi konsultan komik untuk proyek dari bank nasional, mendapat proyek komik dengan bayaran yang lumayan melalui agensi atau advertising untuk komik organisasi perusahaan kelapa sawit... Itu yang berupa karya cerita dan gambar.

Yang murni tulisan? Pernah juga, minimal dapat voucher belanja ratusan ribu karena tulisan di blog saya oleh sebuah merek elektronik terkenal. Dan berkat sering nulis, bikin komentar, mengulas karya jadinya ya pernah jadi pembicara, diundang workshop, menjadi juri, diwawancari media, dan banyak lagi... Dan akhirnya jadi pak guru. Mungkin manfaatnya masih banyak lagi, hanya itu yang bisa dituliskan... Jadi terbukti bahwa dengan sering menulis selain rezeki yang berdatangan insya Allah, bisa berani berbicara di depan banyak orang. Tentunya, minimalnya ya mencari keuntungan rupiah atau dollar dari Google Adsense... Dan bisa berkomunitas bersama blogger di mana kamu berada. Mari berkarya menulis! Semangart!

Comments

Popular Posts